Kompas.com - 19/04/2021, 16:00 WIB
David Beckham saat gagal memasukan gol dalam babak adu penalti kontra Portugal di perempatfinal Piala Eropa 2004. Saat itu, Inggris kalah 5-6 dan harus tersingkir. BBCDavid Beckham saat gagal memasukan gol dalam babak adu penalti kontra Portugal di perempatfinal Piala Eropa 2004. Saat itu, Inggris kalah 5-6 dan harus tersingkir.

KOMPAS.com - Sarung tangan menjadi perlengkapan paling identik dengan pemain berposisi penjaga gawang atau kiper dalam permainan sepak bola.

Namun, berdasarkan ketentuan peraturan permainan sepak bola dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), sarung tangan bukan perlengkapan wajib bagi seorang penjaga gawang.

Dalam ketentuan mengenai perlengkapan seorang penjaga gawang dalam permainan sepak bola sesuai IFAB, hanya menyinggung kostum kiper selama pertandingan.

Terutama, kostum seorang penjaga gawang atau kiper harus memiliki warna berbeda dibandingkan pemain lain dalam timnya maupun perangkat pertandingan.

Pemakaian sarung tangan oleh seorang penjaga gawang dalam permainan sepak bola dimaksudkan untuk menambah kemampuan mencengkeram bola serta mengurangi risiko cedera.

Sehingga seorang penjaga gawang lebih memilih menggunakan perlengkapan berupa sarung tangan (gloves) karena keuntungan yang dimiliki, walaupun tidak diwajibkan oleh peraturan resmi IFAB.

Baca juga: Kenapa Kostum Penjaga Gawang Berbeda dengan Pemain Lainnya?

Adapun terdapat contoh unik mengenai seorang penjaga gawang yang bermain tanpa mengenakan sarung tangan pada laga resmi.

Contoh tersebut terjadi pada ajang Piala Eropa 2004, dalam babak semifinal yang mempertemukan Portugal dengan Inggris ketika memasuki babak adu penalti.

Kiper timnas Portugal ketika itu, Ricardo Pereira, melepas sarung tangannya sebelum menghentikan laju bola tendangan penyerang kubu Inggris, Darius Vassel.

Portugal lantas memenangkan babak adu penalti, setelah Ricardo sukses menuntaskan tugasnya di titik penalti dengan mengecoh kiper timnas Inggris, David James.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X