Kompas.com - 14/04/2021, 20:40 WIB
Skuad Timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan melawan Vanuatu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (15/6/2019). Tim Nasional (timnas) Indonesia meraih kemenangan telak saat melakoni laga bertajuk FIFA Matchday melawan Vanuatu dengan skor 6-0. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSkuad Timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan melawan Vanuatu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (15/6/2019). Tim Nasional (timnas) Indonesia meraih kemenangan telak saat melakoni laga bertajuk FIFA Matchday melawan Vanuatu dengan skor 6-0.

KOMPAS.com - Melihat timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia rasanya masih menjadi mimpi bagi penggemar sepak bola Tanah Air.

Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di Indonesia. Meski demikian, timnas Merah Putih masih sulit meraih prestasi di level internasional.

Jangankan ke Piala Dunia, di Asia Tenggara saja timnas Indonesia belum mampu menorehkan prestasi membanggakan.

Pada ajang Piala AFF, prestasi terbaik Indonesia adalah lima kali runner-up.

Adapun, turnamen sepak bola negara-negara ASEAN itu dikuasai oleh Thailand yang mengoleksi lima gelar, disusul Singapura (4), Vietnam (2), dan Malaysia (1).

Baca juga: Kenapa Sepak Bola Jepang Bisa Maju?

Indonesia sejatinya memiliki sejarah di ajang Piala Dunia. Indonesia tercatat pernah bermain di Piala Dunia 1938 saat masih bernama Hindia Belanda.

Namun, itu menjadi satu-satunya jejak Indonesia pada pentas Piala Dunia.

Sejak saat itu, tim Merah Putih belum pernah sekali pun menginjakkan kakinya di ajang sepak bola terbesar di dunia itu.

Lantas kenapa timnas Indonesia sulit mengukir prestasi di level internasional atau bahkan lolos ke Piala Dunia?

Mantan penyerang timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, mengatakan bahwa prestasi tidak bisa diraih secara instan.

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X