FIBA Asia Cup 2021 Harus Berikan Dampak Positif bagi Segala Sektor Kehidupan

Kompas.com - 14/04/2021, 18:34 WIB
Menkumham Yasonna Laoly memperlihatkan jersey Timnas Basket Indonesia usai membahas percepatan proses naturalisasi pemain di Kantor Kemenkumham Jakarta, Rabu (3/3/2021). Acara ini dihadiri Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi (3 dari kiri) dan Menteri BUMN, Erick Thohir (2 dari kiri). PERBASIMenkumham Yasonna Laoly memperlihatkan jersey Timnas Basket Indonesia usai membahas percepatan proses naturalisasi pemain di Kantor Kemenkumham Jakarta, Rabu (3/3/2021). Acara ini dihadiri Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi (3 dari kiri) dan Menteri BUMN, Erick Thohir (2 dari kiri).

KOMPAS.com - Indonesia resmi menjadi tuan rumah ajang basket nan bergengsi di Asia, FIBA Asia Cup 2021. Ini akan menjadi ajang olahraga internasional pertama di Indonesia pada masa pandemi.

Tak ayal, Indonesia berusaha semaksimal mungkin agar ajang tersebut sukses  diselenggarakan sehingga para pebasket Asia bisa tampil.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan. Penerapan protokol kesehatan harus bisa dilakukan secara ketat selama kejuaraan berlangsung.

Baca juga: Logo FIBA Asia Cup 2021 Dihiasi Corak Batik dan Sayap Elang Jawa

Dengan demikian, kesuksesan FIBA Asia Cup 2021 bisa memberikan dampak positif bagi segala sektor kehidupan di Tanah Air. Hal tersebut ditekankan Menteri BUMN, Erick Thohir

"Peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021 yang menandakan bahwa tak lama lagi kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaran ajang bola basket internasional merupakan berkah di bulan Ramadhan bagi olahraga nasional," ujar Erick Thohir di Jakarta, Rabu (14/4/2021).

"Setelah setahun lebih kita berjuang melawan pandemi, kini kita memasuki periode vaksinasi, maka peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021 menjadi momentum bagi kita semua untuk bangkit." 

Dia pun menegaskan bahwa pemerintah mendukung secara maksimal pelaksanaan event itu. Apalagi, olahraga di era sekarang ini memiliki dimensi yang bisa mempengaruhi banyak sektor kehidupan.

Erick Thohir memberikan contoh kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta- Palembang. Ajang itu memberikan trickle down effect positif bagi sendi kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya di Indonesia.

Diharapkan, kesuksesan Asian Games 2018 bisa menjadi inspirasi bagi panitia pelaksana FIBA Asia Cup 2021.

"Pemerintah akan memberikan dukungan maksimal demi kesuksesan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021. Saya yakin, sektor swasta juga akan aktif terlibat untuk berpartisipasi karena ini event olahraga internasional perdana di tengah pandemi," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X