Hukuman UEFA kepada Man City Untungkan Liverpool?

Kompas.com - 15/02/2020, 12:04 WIB
Georginio Wijnaldum (tengah) saat mencoba mengontrol bola pada laga Liverpool Vs Man City di Stadion Anfield dalam lanjutan pekan ke-12 Liga Inggris, Minggu, 10 November 2019. AFP/ PAUL ELLISGeorginio Wijnaldum (tengah) saat mencoba mengontrol bola pada laga Liverpool Vs Man City di Stadion Anfield dalam lanjutan pekan ke-12 Liga Inggris, Minggu, 10 November 2019.

KOMPAS.com - Hukuman UEFA kepada Manchester City menimbulkan efek domino terhadap klub-klub Liga Inggris lainnya, termasuk potensi keuntungan yang bakal didapat Liverpool.

Pada Jumat (14/2/2020) waktu setempat, UEFA menjatuhkan hukuman untuk Man City berupa larangan tampil di kompetisi antarklub Eropa untuk musim 2020-2021 dan 2021-2022 setelah terbukti melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Dengan hukuman yang didapat Man City, Liverpool berpeluang besar menjadi tim Premier League pertama yang memastikan satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Syaratnya, Liverpool harus bisa meraih kemenangan atas Norwich City pada laga pekan ke-26, Minggu (16/2/2020) akhir pekan ini.

Baca juga: Masa Depan Pep Guardiola Diragukan Usai Man City Dihukum UEFA

The Reds, julukan Liverpool, saat ini kokoh di puncak klasemen Liga Inggris dengan koleksi 73 poin dari 25 pertandingan.

Jika mampu meraih kemenangan atas Norwich, maka perolehan poin Liverpool akan bertambah menjadi 76 dan unggul 37 angka atas Sheffield United yang saat ini berada di peringkat lima.

Dengan catatan Liverpool menang atas Norwich dan Liga Inggris menyisakan 12 pertandingan lagi, maka secara matematis tidak ada lagi tim yang bisa merebut jatah The Reds di Liga Champions musim depan.

Selain itu, hukuman yang dijatuhkan kepada Man City juga bisa membawa berkah lebih besar bagi Liverpool.

Baca juga: Man City Dihukum, Peluang Man United ke Liga Champions Terbuka

Menurut laporan The Independent, Man City berpotensi mendapat pengurangan poin di kompetisi Premier League imbas dari hukuman yang diberikan oleh UEFA.

Jika otoritas Premier League menjatuhkan sanksi berupa pengurangan poin kepada Manchester City, maka Liverpool berpeluang besar mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini lebih dini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X