Selain Juara Piala Uber 1975, Tati Sumirah Pun Sabet Perunggu Kejuaraan Dunia

Kompas.com - 14/02/2020, 08:51 WIB
Mantan pebulu tangkis Tati Sumirah yang ikut mengantarkan Indonesia meraih Piala Uber 1975 meninggal dunia pada Kamis (13/2/2020) malam akibat kadar gula tinggi dan masalah di parau-paru. Dok. PB TangkasMantan pebulu tangkis Tati Sumirah yang ikut mengantarkan Indonesia meraih Piala Uber 1975 meninggal dunia pada Kamis (13/2/2020) malam akibat kadar gula tinggi dan masalah di parau-paru.

KOMPAS.com - Kabar duka menghampiri dunia olahraga Indonesia. Kali ini datang dari cabang olahraga bulu tangkis.

Mantan pebulu tangkis yang ikut mengantarkan Indonesia memboyong Piala Uber untuk kali pertama pada tahun 1975, Tati Sumirah, meninggal dunia.

Tati Sumirah meninggal dunia pada usia 68 tahun di RSUP Persahabatan, Rawamangun, Jakara Timur, Kamis (13/2/2020) malam akibat kadar gula yang tinggi dan masalah paru-paru.

Baca juga: Legenda Bulu Tangkis Indonesia, Tati Sumirah, Meninggal Dunia

Saat masih aktif sebagai pebulu tangkis, prestasi paling fenomenal Tati Sumirah saat dia sukses menyumbang poin bagi Indonesia pada final Piala Uber 1975 di Istora Senayan, Jakarta.

Tati Sumirah menjadi satu-satunya pemain tunggal putri yang mempersembahkan angka bagi kemenangan skuad Indonesia dalam turnamen beregu putri paling bergengsi itu.

Pada final yang berlangsung di Istora, 6 Juni 1975, Indonesia merebut Piala Uber setelah mengalahkan sang juara bertahan, Jepang, dengan skor 5-2.

Tati menyumbang poin setelah menang 11-5, 11-2 atas tunggal putri Jepang, Atsuko Tokuda.

Sementara itu, dua tunggal putri kala itu harus mengakui keunggulan Jepang.

Theresia Widiastuti dikalahkan Hiroe Yuki dengan skor 7-11, 1-11 dan Utami Dewi dihentikan oleh Noriko Nakayaman dengan skor 5-11, 3-11.

Rupanya keberuntungan masih memayungi Indonesia saat dua pasangan ganda putri tim Merah-putih bisa menghentikan perlawanan Jepang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X