MotoGP Akan Nobatkan 3 Pebalap Ini Jadi Legenda pada 2020

Kompas.com - 19/01/2020, 20:46 WIB
Jorge Lorenzo di masa keemasannya bersama Yamaha.    AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA (Photo by TOSHIFUMI KITAMURA / AFP) TOSHIFUMI KITAMURAJorge Lorenzo di masa keemasannya bersama Yamaha. AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA (Photo by TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)

KOMPAS.com - MotoGP menobatkan tiga pebalap, Jorge Lorenzo, Max Biaggi, dan Hugh Anderson menjadi legenda pada tahun ini.

Juara dunia lima kali, Jorge Lorenzo, akan dikukuhkan sebagai legenda MotoGP pada seri kelima MotoGP 2020 yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Dipilihnya Jerez bukan tanpa alasan. Sirkuit tersebut menjadi tempat Lorenzo memulai karier balapnya.

X-Fuera, julukan Lorenzo, mengawali kariernya di kelas 125cc pada tahun 2002 bersama tim Derbi Racing.

Baca juga: Selain Yamaha, Ducati Juga Incar Jorge Lorenzo

Tiga musim membalap di kelas 125cc, Lorenzo naik ke kelas 250cc dan berhasil menjadi juara dunia dua kali di kelas 250cc bersama tim Fortuna Aprilia pada musim 2006 dan 2007.

Setelah sukses di kelas 250cc, Lorenzo naik ke kelas tertinggi, MotoGP, pada 2008 dan bertandem bersama Valentino Rossi di tim Yamaha.

Selama membela tim berlogo garpu tala itu, Lorenzo mengemas tiga kali juara dunia yang dia raih pada musim 2010, 2012, dan 2015.

Sepanjang berkarier di tiga kelas balap MotoGP tersebut, Lorenzo sudah membukukan total 152 podium dengan 68 kemenangan serta 69 kali pole position.

Pria berusia 32 tahun itu akhirnya memutuskan pensiun usai menjalani musim debut yang sulit bersama tim barunya, Repsol Honda, pada akhir musim lalu.

Sementara itu Max Biaggi akan menyandang gelar legenda pada seri ketujuh MotoGP 2020 yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Italia.

Pebalap Italia, Max Biaggi, terlihat di paddock tim seusai menjalani sesi latihan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Brno, Republik Ceska, 20 Juli 2012.
RADEK MICA/AFP PHOTO Pebalap Italia, Max Biaggi, terlihat di paddock tim seusai menjalani sesi latihan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Brno, Republik Ceska, 20 Juli 2012.

Rider asal Italia itu melakukan debutnya pada tahun 1991 di kelas 250cc dan meraih empat gelar juara dunia secara beruntun pada rentang waktu 1994-1997.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X