Harapan Jurnalis Korsel Soal Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Kompas.com - 14/01/2020, 05:00 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berpose dengan Shin Tae-yong pada sesi perkenalan pria asal Korea Selatan tersebut sebagai pelatih baru Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Sabtu (28/12/2019). KOMPAS.com/Farahdilla PuspaKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berpose dengan Shin Tae-yong pada sesi perkenalan pria asal Korea Selatan tersebut sebagai pelatih baru Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Sabtu (28/12/2019).

KOMPAS.com - Shin Tae-yong diharapkan untuk bisa sukses bersama Timnas Indonesia karena ia adalah pelatih yang sering tidak dihargai oleh warga Korea Selatan sendiri.

Opini tersebut datang dari jurnalis senior Goal Korea Selatan, Steve Han, saat Kompas.com berkomunikasi dengannya seputar Shin Tae-yong, pelatih baru Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong resmi dikontrak PSSI untuk menukangi Timnas U19, Timnas U23, dan Timnas Senior Indonesia.

Pelatih berusia 49 tahun itu akan dihadapkan dengan sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Babak Kedua zona Asia dan Piala Asia U19.

Baca juga: 3 Kekuatan dan Kelemahan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Selain itu, akan ada Piala AFF 2020 yang akan dihelat pada 23 November hingga 31 Desember. Setelah itu Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U21 2021.

Ia berharap bahwa Shin bisa memberikan yang terbaik bersama Garuda sebelum suatu hari kembali lagi untuk melatih ke tanah kelahirannya.

"Sebagai warga Korsel, saya benar-benar berharap bahwa ia bisa sukses bersama Indonesia karena saya percaya saat melatih timnas Korsel, Ia adalah pelatih yang sering tidak dihargai oleh para pendukung di tanah kelahirannya sendiri," tutur Steve kepada Kompas.com.

Jurnalis yang sudah bekerja di dunia olahraga sejak 2008 tersebut mengatakan kalau pengalaman sang pelatih di Indonesia bakal menjadi fondasi bagus jika ia ingin mencari pekerjaan baru di negara asalnya.

Jurnalis Goal Korea Selatan, Steve Han, saat diwawancara oleh BBC.ISTIMEWA Jurnalis Goal Korea Selatan, Steve Han, saat diwawancara oleh BBC.

"Apabila kariernya meningkat terus dalam 3-5 tahun ke depan, saya secara pribadi akan terbuka untuk melihatnya kembali ke peran apapun yang dapat membantu sepak bola Korea," katanya lagi.

Baca juga: Shin Tae-yong di Mata Jurnalis Korsel, Humoris dan Tidak Otoritatif

"Ia masih pelatih yang relatif muda dan saya percaya pengalamannya di Rusia pada 2018 akan membantunya tumbuh berkembang.Saya akan mengikuti kariernya di Indonesia," tuturnya.

Steve juga menambahkan bahwa kepercayaan yang diberikan PSSI ke Shin untuk melatih timnas-timnas junior Indonesia membuatnya tergugah.

"Menarik sekali bahwa ia diberi wewenang untuk melatih pemain-pemain muda Indonesia. Ia punya catatan bagus dalam menemukan talenta-talenta terbaik di Korea," tuturnya.

Shin Tae-yong memang pernah menukangi tim kategori umur sebelumnya.

Ia menjadi nakhoda timnas U23 Korea Selatan pada 2015-2016 dan tim U20 Korsel pada 2017 sebelum mengambil alih timnas senior Korsel pada Juli 2017.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X