Shin Tae-yong Masih Ingin Melatih Korsel Setelah Piala Dunia, tetapi...

Kompas.com - 13/01/2020, 21:40 WIB
Pelatih baru timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengangkat jersey Merah Putih pada sesi perkenalan di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Sabtu (28/12/2019). BOLASPORT.com/Mochamad Hary PrasetyaPelatih baru timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengangkat jersey Merah Putih pada sesi perkenalan di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Sabtu (28/12/2019).

KOMPAS.com - Jurnalis Goal Korea Selatan, Steve Han, bercerita kepada Kompas.com mengenai petualangan Shin Tae-yong bersama Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Menurutnya, Shin Tae-yong menghadapi sejumlah tantangan jelang turnamen yang bergulir di Rusia tersebut.

Korea Selatan kalah dalam dua laga pertama mereka di Grup F, kontra Swedia lalu Meksiko, di Piala Dunia 2018.

Namun, Son Heung-min cs berhasil menghentak dunia dengan menumbangkan Jerman sang juara bertahan 2-0 pada laga terakhir.

Baca juga: 3 Kekuatan dan Kelemahan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Ternyata, ersiapan sang pelatih ke Rusia sebenarnya tidak ideal sehingga tak bisa menjalani turnamen dengan formasi favoritnya.

"Skema awalnya untuk Piala Dunia 2018 adalah bermain dengan formasi 4-4-2/4-2-2-2 sebelum serangkaian cedera memaksanya mengubah pendekatan taktis secara radikal," tutur Steve melalui korespondensi dengan email ke Kompas.com.

Jurnalis Goal Korea Selatan, Steve Han, saat diwawancara oleh BBC.ISTIMEWA Jurnalis Goal Korea Selatan, Steve Han, saat diwawancara oleh BBC.

Pemberitaan media Tanah Air sejak Shin ditunjuk melatih Timnas Indoensia pun lebih menekankan keberhasilannya membawa Korea Selatan menang 2-0 atas Jerman.

Akan tetapi, tak banyak yang melirik dua kekalahan kontra Swedia (0-1) dan Meksiko (1-2).

KFA (PSSI-nya Korea Selatan) akhirnya memberhentikan Shin Tae-yong lalu menunjuk pelatih asal Portugal, Paulo Bento.

Steve Han mengungkapkan bahwa Shin sebenarnya masih ingin menukangi Korea Selatan setelah Piala Dunia. Akan tetapi, federasi punya pendapat berbeda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X