Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalan Mulus Liverpool Berpesta Juara Liga Inggris pada 21 Maret 2020

KOMPAS.com - Manchester City harus menelam pil pahit kala bertandang ke markas Tottenham Hotpur pada pekan ke-25 Liga Inggris, Minggu (2/2/2020).

Berhadapan dengan skuad Jose Mourinho, pasukan Josep Guardiola harus takluk dengan skor 0-2.

Kekalahan tersebut tak cuma membuat perolehan poin Man City makin jauh tertinggal dari Liverpool, tapi juga makin memuluskan jalan sang rival menggelar pesta juara lebih cepat.

Sampai berakhirnya pekan ke-25, Man City masih menduduki peringkat kedua dengan raihan 51 poin.

The Citizens tertinggal 22 poin dari Liverpool yang makin kokoh di puncak usai kemenangan 4-0 atas Southampton, Sabtu (1/2/2020).

Dengan selisih poin tersebut, maka Liverpool hanya butuh enam kemenangan dari 13 laga sisa musim ini.

Jalan Liverpool untuk meraih enam kemenangan bisa dibilang relatif mudah.

Sebab, Jordan Henderson dkk hanya akan berhadapan dengan lawan-lawan yang kualitasnya di bawah mereka.

Lawan-lawan tersebut mulai dari Norwich City, West Ham, Watford, Bournemouth, Everton, dan Crystal Palace.

Jika mampu mengalahkan enam tim tersebut, Liverpool sudah bisa merayakan pesta juara Liga Inggris saat menjamu Crystal Palace di Anfield, pada pekan ke-31, 21 Maret mendatang.

Sebab, perolehan poin Liverpool sudah tidak bisa lagi terkejar, apapun hasil yang mereka peroleh dalam tujuh laga sisa musim ini, termasuk saat berhadapan dengan Man City pada pekan ke-32, di Stadion Etihad, 4 April.

Namun, kemungkinan yang lain juga bisa terjadi. Bisa saja gelar juara Liverpool datang lebih cepat andaikan Man City gagal memaksimalkan poin dalam enam laga ke depan.

Sebaliknya, gelar juara bisa juga datang lebih lama andaikan Liverpool yang terpeleset saat Man City berhasil memaksimalkan poin.

Satu yang pasti, banyak kalangan menilai hanya kesialan luar biasa yang bisa menggagalkan gelar juara Liverpool musim ini.

Gelar juara Liga Inggris musim 2019-2020 akan mengakhiri penantian panjang Liverpool menjadi juara di tanah Britania selama 30 tahun.

Meski gelar juara sudah di depan mata, pelatih Liverpol, Juergen Klopp masih berupaya merendah.

Ia bahkan menolak anggapan yang menilai timnya tampil sempurna musim ini.

Sampai sejauh ini, Liverpool memang belum pernah kalah. Dari 25 laga, mereka hanya sekali seri saat berhadapan dengan Manchester United, di Old Trafford, 20 Oktober 2019.

"Kami tidak sempurna, bahkan tidak mendekati sempurna. Kami hanya mencoba untuk tampil baik dan mengerahkan kemampuan kami sebaik mungkin," kata Klopp, dikutip dari ESPN, usai laga melawan Southampton.

"Anak-anak telah melakukan hal itu dengan cukup baik dan itu sebabnya kami mendapatkan perolehan poin seperti ini," ujar juru taktik asal Jerman itu.

https://www.kompas.com/sport/read/2020/02/03/054200167/jalan-mulus-liverpool-berpesta-juara-liga-inggris-pada-21-maret-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke