Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Staccato dalam Musik?

Kompas.com - 02/01/2024, 21:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Ada beberapa artikulasi musik yang dintandai dengan simbol dalam not musik. Salah satunya adalah staccato. Apa itu staccato dalam musik? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan di bawah ini!

Pengertian staccato

Dilansir dari BBC, staccato adalah sebuah titik di atas atau di bawah not yang menandakan bahwa suatu nada harus dimainkan secara pendek dan terpisah.

Staccato adalah kebalikan dari legato. Jika legato memainkan nada-nada yang berbeda menjadi satu kesatuan. Maka, staccato memainkan nada-nada secara individu.

Baca juga: Notasi Musik: Pengertian dan Jenisnya

Nada-nada bertanda staccato dimainkan secara individu dengan durasi yang lebih singkat daripada durasi nada yang sebenarnya.

Di mana suatu nada terdengar lebih jelas dari nada lainnya. Staccato seperti ketika kita menekankan suatu kata penting ketika berbicara.

Dilansir dari Master Class, sebagai contoh alat musik gesek yang memainkan staccato biasanya digesek secara pendek dan bergantian antara gesekan ke atas dan ke bawah.

Dalam piano, staccato dimainkan dengan menekan tuts nada secara terpisah dengan nada lainnya dalam durasi yang singkat.

Baca juga: Mengenal Alat Musik Gesek Tradisional Indonesia

Namun, alat musik tiup tidak terlalu cocok memainkan staccato. Karena, alat musik ini menggunakan hembusan napas yang kontinu untuk memainkan alat musiknya.

Dilansir dari Hello Music Theory, irama musik staccato dapat menimbulkan perasaan gembira, riang, gelisah, gugup, bahkan gairah.

Staccato juga dapat digunakan untuk menekankan suatu hal, mengekspresikan ketegangan, kegembiraan, keceriaan, skemarahan, bahkan humor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com