Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Sandi Semaphore, Rumus, dan Cara Menghafalnya

Kompas.com - 08/09/2023, 06:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gerakan pramuka Indonesia merupakan salah satu wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan minat, bakat, keterampilan dan serta kedisiplinan.

Selain dikenal dengan kegiatan baris-berbaris, pramuka juga memiliki kegiatan lain misalnya menghafal kode-kode yang disebut dengan sandi.

Pramuka memiliki banyak jenis sandi-sandi, sandi ini digunakan sebagai isyarat atau kode dalam mengirim pesan dari pihak pertama ke pihak kedua, salah satunya ada Sandi Semaphore.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sandi semaphore, simak artikel berikut ini.

Baca juga: Kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang

Pengertian sandi semaphore

Semaphore adalah suatu cara yang digunakan untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan memakai sarung tangan. 

Namun, di Indonesia sendiri secara umum semaphore menggunakan bendera khusus yaitu bendera semaphore. Bendera semaphore yang digunakan berjumlah dua buah dengan ukuran 45 x 45 cm, berbentuk persegi yang merupakan gabungan dari segitiga sama kaki berwarna merah dan kuning.

Semaphore digunakan untuk menyampaikan informasi atau berita dalam jarak jauh, sepanjang pemberitaan ini masih bisa terlihat oleh pihak kedua. Informasi yang disampaikan dibaca melalui posisi bendera atau tangan.

Selain digunakan dalam kegiatan pramuka, semaphore juga kerap kali digunakan sebagai salah satu komunikasi dalam kegiatan militer terutama bidang kelautan, yang bersifat privat dan memerlukan kerahasiaan.

Pelaut sedang mengirimkan pesan menggunakan bendera semaphoreU.S. Navy photo by Photographer's Mate Airman Javier Capella Pelaut sedang mengirimkan pesan menggunakan bendera semaphore

Baca juga: Macam-Macam Sandi Pramuka

Rumus sandi semaphore

Informasi yang disampaikan melalui sandi semaphore berbentuk gerakan tangan di mana pada posisi tertentu melambangkan suatu kode tertentu.

Gerakan dalam isyarat bendera semaphore terdiri dari 30 formasi, yang masing-masing melambangkan abjad, angka atau isyarat tertentu. 

Gambar di bawah ini merupakan visual dari bentuk pesan yang disampaikan menggunakan sandi semaphore yang diterjemahkan dalam huruf dan angka.

Ilustrasi kode SemaphoreShutterstock.com Ilustrasi kode Semaphore

Baca juga: Bendera Semaphore: Pengertian, Ukuran, Manfaat, dan Gerakannya

Cara menghafal sandi semaphore

Karena kunci informasi semaphore berada pada posisi bendera atau tangan, maka untuk menghafalnya kita perlu mempraktikkan dan menghafal posisi-posisi tersebut.

Selain itu, ada salah satu cara mudah untuk menghafal isyarat semaphore adalah dengan metode jarum jam, di mana posisi tangan dalam menyampaikan abjad, angka atau isyarat tertentu dilakukan dengan satu arah putaran jarum jam.

Caranya adalah dengan membayangkan sebuah jarum jam yang bergerak mengikuti arah putaran jarum jam, di mana ketika dilihat dari sisi penerima pesan, formasi semaphore akan bergeser secara perlahan sesuai arah putaran jarum jam.

 

Referensi:

  • (Sumber: KOMPAS.com/Silmi Nurul Utami | Editor: Serafica Gischa)
  • Anton Kristiadi. 2018. Ensiklopedia Tematik Keterampilan Pramuka 5 : Sandi dan Semaphore. Surakarta : Borobudur Inspira Nusantara.
  • Reza Syehma Bahtiar, S.Pd., M.Pd. 2018. Pengembangan Kepramukaan. Surabaya: UWKS Press.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com