Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telpon atau Telepon, Mana Penulisan yang Benar?

Kompas.com - 31/08/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com"Telpon itu sudah berdering sejak lima menit yang lalu. Namun, Melody tetap bergeming menatap telponnya." 

Kata telpon sering kita gunakan untuk menjelaskan aktivitas di mana dua orang atau lebih sedang berbincang dengan bantuan alat komunikasi.

Menurutmu, sudah benarkah penulisan kata telpon dalam kalimat di atas? Menurutmu, mana penulisan yang benar, telpon atau telepon?

Telpon atau telepon

Dilansir dari buku Karya Tulis Ilmiah Sosial (2016) oleh Yunita T. Winarto dkk, kata telpon adalah bentuk tidak baku dari kata telepon.

Banyak masyarakat Indonesia yang lebih sering menggunakan kata telpon ketimbang telepon. Karena mungkin pelafalannya jauh lebih singkat atau ringkas.

Perlu dipahami bahwa kata telfon, telephon, telpon, dan telepun juga tidak baku. Karena bentuk bakunya yang benar adalah kata telepon.

Baca juga: Tanggung Jawab atau Tanggungjawab, Mana Penulisan yang Tepat?

Jika kita menelusuri kata telpon dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hasil penelusuran akan mengarah pada kata telepon.

Menurut KBBI, kata telepon berarti pesawat dengan listrik dan kawat, untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya.

Kata telepon bisa juga diartikan sebagai bentuk percakapan yang disampaikan dengan pesawat telepon.

Selain telpon dan telepon, kata yang masih sering salah penulisannya adalah hutang dan utang, indera dan indra, nasehat dan nasihat, serta piyama dan piama.

Menjawab pertanyaan di atas, penulisan kata telpon dalam kalimat tersebut masih salah. Karena menggunakan kata telpon.

Baca juga: Kedua atau Ke Dua, Mana Penulisan yang Benar?

Adapun penulisannya yang benar adalah "Telepon itu sudah berdering sejak lima menit yang lalu. Namun, Melody tetap bergeming menatap teleponnya."

Kesimpulannya, penulisan kata telepon yang benar tetaplah telepon. Karena kata telepon adalah bentuk baku dari kata telpon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com