Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kesiapan Kerja Menurut Ahli

Kompas.com - 02/06/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kesiapan kerja terdiri atas dua kata, yakni kesiapan dan kerja.

Dilansir dari buku Kesiapan PTKIS (2021) oleh Rusdiana dan Nasihudin, kesiapan adalah suatu titik kematangan untuk menerima dan mempraktekkan tingkah laku.

Sedangkan kerja merupakan proses penciptaan atau pembentukan nilai baru pada suatu unit sumber daya, pengubahan atau penambahan nilai pada suatu unit alay pemenuh kebutuhan yang ada.

Baca juga: Kecelakaan Kerja: Pengertian dan Faktor Penyebab

Berikut beberapa pengertian kesiapan kerja menurut ahli, yaitu:

  • Menurut Bambang Endroyo (1984)

Kesiapan kerja adalah kondisi yang menunjukkan adanya keserasian antara kematangan fisik, mental, serta pengalaman sehingga individu memiliki kemampuan untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu dalam hubungannya dengan pekerjaan.

  • Menurut Herminarto Sofyan (1991)

Kesiapan kerja yaitu kemampuan seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai dengan ketentuan tanpa mengalami kesulitan dan hambatan dengan hasil maksimal dengan target yang telah ditentukan.

  • Menurut Kartono dan Kartini (1991)

Kesiapan kerja merupakan kemampuan seseorang untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik di dalam maupun di luar hubungan kerja. Guna menghasilkan barang atau jasa.

  • Menurut Dewa Ketut Sukardi (1993)

Kesiapan kerja adalah kemampuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan tuntutan masyarakat serta sesuai dengan potensi-potensi seseorang dalam berbagai jenis pekerjaan tertentu yang secara langsung bisa diterapkan.

  • Menurut Fitriyanto (2006)

Kesiapan kerja adalah kondisi yang menunjukkan adanya keserasian antara kematangan fisik, mental, serta pengalaman sehingga individu mempunyai kemampuan untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu dalam hubungannya dengan pekerjaan.

  • ?Menurut Pooll & Sewell (2007)

Kesiapan kerja harus memiliki keahlian yang sesuai dengan bidangnya, wawasan yang luas, pemahaman dalam berpikir, serta kepribadian baik yang membuat seseorang dapat memilih dan merasa nyaman dengan pekerjaannya hingga meraih kesuksesan.

Baca juga: Mesin Pencarian: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

  • Menurut Brady (2010)

Kesiapan kerja berfokus pada sifat-sifat pribadi individu, seperti sifat, sikap bekerja, dan mekanisme pertahanan tubuh yang diperlukan dalam menciptakan serta mempertahankan pekerjaan yang sudah didapat.

  • Menurut Stevani (2015)

Kesiapan kerja didefinisikan sebagai keseluruhan kondisi individu, meliputi fisik, mental, dan pengalaman serta adanya kemauan dan kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan atau suatu kegiatan.

Dengan penjelasan dari ahli, maka dapat disimpulkan bahwa kesiapan kerja merupakan suatu kondisi dimana seseorang dinyatakan siap secara kemampuan yang dimiliki dan juga adanya kemauan seseorang untuk langsung terjun ke dunia industri setelah lulus dari pendidikan terakhir yang ditempuh.

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com