Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kelas Maya dan Contohnya

Kompas.com - 17/03/2023, 11:00 WIB
Revlina Octavia Artrisdyanti,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kelas maya adalah satu istilah asing yang belum banyak diketahui orang. Sebagai gambaran, kelas maya berhubungan dengan simulasi digital.

Untuk menjawab pertanyaan apa itu kelas maya? Jelaskan dan berikan contohnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Pengertian kelas maya

Kelas dapat diartikan sebagai kelompok yang akan mendapat pengetahuan, mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Menurut kamus Merriam Webster, maya dapat diartikan sebagai simulasi, bekerja secara online, dapat berpindah-pindah atau biasa disebut Work From Anywhere (WFA).

Secara harfiah, kelas maya adalah kumpulan siswa yang sedang menerima pembelajaran tidak langsung atau lewat jejaring virtual dan dapat dilakukan di mana dan kapan saja.

Secara umum, kelas maya dapat diartikan sebagai pertemuan tanpa tatap muka antara pengajar dan siswa.

Baca juga: Sifat-sifat Dunia Maya

Pembelajaran ini dilakukan dengan metode diskusi. Jadi siapa pun bisa aktif bertanya atau menyampaikan pendapatnya dalam kelas maya.

Dilansir dari situs Kemdikbud, kelas maya merupakan Learning Management System (LMS) yang dikembangkan sebagai fasilitas pembelajaran dalam jaringan (daring).

Dalam situs Drexel University dijelaskan bahwa kelas maya adalah sistem komunikasi yang memfasilitasi percakapan antara pengajar dan murid.

Kelas maya dapat digunakan di mana saja dan kapan saja sesuai jadwal tenaga pendidik.

Tujuan kelas maya, yakni menciptakan pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar dan ikut merasakan kemajuan teknologi.

Hal ini mungkin terjadi karena kelas maya bersifat fleksibel serta hemat waktu dan biaya.

Baca juga: Simulasi Digital: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Contoh kelas maya

Pembelajaran virtual kelas maya dapat dilakukan dengan alat komunikasi, seperti chat, video and audio conference, desktop sharing, dan whiteboard.

Dikutip dari situs Owl Labs, berikut merupakan contoh kelas maya:

  • MOOC

Merupakan singkatan dari Massive Open Online Course. Adalah kelas virtual umum yang dapat diikuti semua orang.

MOOC memuat materi akreditasi dan penawaran lewat universitas. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Coursera dan edX merupakan contoh kursus MOOC.

  • Bootcamp

Adalah pelatihan yang berfokus pada pengembangan skill untuk membuat portofolio. Contohnya Thinkful, General Assembly, dan Galvanize.

Baca juga: 9 Komponen Kewargaan Digital beserta Contohnya

  • Program gelar online

Biasanya diadakan oleh universitas secara virtual. Tiap universitas dapat merekrut siswa online untuk program gelar mereka, dan bertemu secara daring atau tatap muka nantinya. 

Adapun contoh kelas maya lainnya, yaitu Kelas Maya Rumah Belajar milik Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com