Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tips Memperdalam dan Memperlancar Public Speaking

Kompas.com - 14/03/2023, 06:00 WIB
Desi Selvia Ningrum,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengertian public speaking adalah proses komunikasi di hadapan khalayak yang bertujuan untuk memberi informasi, membujuk, atau menghibur. 

Berikut 10 tips untuk memperdalam dan memperlancar public speaking, yaitu:

  • Bersikap spontan

Jangan menghafal isi pembicaraan. Dengan menghafal maka gaya bicara akan terlihat kaku dan kedekatan personal tidak akan terjalin. Apalagi jika pembicara melupakan suatu kata dalam speech, dipastikan pembicara akan panik, dan menjadi kacau ketika berbicara.

  • Membuat materi public speaking dalam bentuk poin-poin

Menulis poin-poin yang penting-penting saja kemudian mejelaskan secara alami itulah kunci untuk menciptakan komunikasi yang baik. Dengan demikian, pembicara tidak melewatkan satu pun ilmu yang ingin disampaikan.

  • Interaksi dengan audiens

Penting untuk mendapatkan feedback dari audiens supaya komunikasi pembicara jadi lebih hidup. Maka dari itu, jangan lupa untuk berinteraksi. Dari feedback audiens, pembicara bisa mengukur level humor yang bisa diterima audiens.

Baca juga: Mengenal Public Speaking, Seni Berbicara di Depan Umum

  • Sisipkan Humor

Menyisipkan humor bisa membuat suasana menjadi lebih santai dan audiens akan merasa lebih dekat dengan pembicara.

  • Mengatur durasi

Atur waktu yang diberikan pada pembicara dengan baik. Dengan mengatur waktu yang sudah diperkirakan sebelumnya, pembicara bisa lebih mudah menyusun materi dan menepati tanggang waktu.

  • Kuasai materi dan berimprovisasi

Sebelum melakukan specch, penting untuk menguasai materi supaya pembicara bisa melakukan improvisasi, terutama apabila durasi pembicara masih panjang, sementara materi pembicara sudah habis.

  • Gunakan kekuatan cerita

Pengalaman asli merupakan media yang paling ampuh untuk meyakinkan audiens, apalagi jika disampaikan dengan gaya yang meyakinkan. Mereka akan larut dengan cerita pembicara.

  • Bicara dengan jelas

Seorang pembicara harus terlatih untuk berbicara dengan jelas, supaya setiap informasi dapat diterima dengan baik. Dengan bicara dengan jelas audiens bisa menyimak dan memahami isi dari pembicaraan. 

  • Gunakan intonasi yang berbeda

Apabila pembicara hanya menggunakan 1 intonasi saja selama speech, maka speech pembicara akan terdengar datar dan membosankan.

  • Tunjukan rasa percaya diri pembicara

Manusia punya cara untuk menyatakan rasa percaya dirinya. Misalnya dengan cara tersenyum, pegang dagu, membusungkan dada adalah beberapa sikap yang menunjukkan sikap percaya diri pembicara.

  • Persiapan

Siapkan segala hal yang mendukung speech pembicara, mulai dari poin-poin terkecil. Dengan melakukan persiapan diharapkan pembicara bisa lebih siap dan maksimal dalam penyampaiannya.

  • Jam terbang

Langkah terakhir untuk menjadi pembicara yang baik adalah terus berlatih, berbicara sesering mungkin. Dengan sering berlatih maka pembicara akan lebih menguasai dan mengontrol dirinya untuk bisa lancar dan maksimal berbicara di depan umum.

Baca juga: Apa Saja Metode Public Speaking?

 

Referensi:

  • Pahrudin, Pajar. Pengantar Ilmu Public Speaking. 2020. Yogyakarta: Penerbit Andi (anggota IKAPI).
  • Adia, Viera Restuani. Menjadi Public Speaker Andal. 2021: Yogyakarta: Deepublish
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com