Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Penggunaan Termometer

Kompas.com - 07/02/2023, 22:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Termometer adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), termasuk kondisi perubahan suhu pada tubuh. 

Termometer merupakan alat yang banyak digunakan untuk mengetahui perubahan suhu badan, hal ini karena penggunaannya yang mudah.

Meski mudah, untuk mendapatkan hasil yang akurat harus digunakan dengan tepat dan jeli. Berikut beberapa cara penggunaan termometer yang benar, yaitu:

  • Penggunaan termometer di ketiak

Penggunaan termometer yang paling sederhana adalah pengukuran suhu di ketiak (akena). Pengukuran termometer ini sangat mudah sekali, karena hanya meletakkan termometer pada ketiak dan diapit oleh lengan. Kemudian, tunggu kurang lebih 3 menit.

Pengukuran seperti ini tidak seakurat pengukuran termometer mulut (oral atau rektal), karena temperatur yang terukur akan menghasilkan nilai 1°C lebih rendah dibandingkan hasil pengukuran oral.

Hal ini yang menyebabkan data dalam pengukuran suhu tubuh lewat ketiak kurang begitu valid.

Baca juga: Termometer: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

  • Penggunaan termometer di mulut

Penggunaan termometer di mulut jangan digunakan untuk bayi dan anak di bawah umur. Hal ini sangat bahaya apalagi menggunakan termometer air raksa.

Pada saat termometer di dalam mulut, pastikan ujung termometer tepat di bawah lidah. Jangan minum minuman panas atau dingin 20 menit sebelum pengukuran. 

Hal ini dapat menyebabkan hasil pengukuran tidak akurat. Setelah minum, minuman panas atau dingin suhu di bawah lidah anda menjadi berubah dan tidak dapat mewakili seluruh tubuh.

  • Penggunaan termometer rektal

Termometer rektal sangat cocok digunakan pada bayi yang di bawah umur, mengingat lebih tinggi hasil keakuratannya. Suhu yang tercatat lebih tinggi 1°Celcius dibandingkan pengukuran suhu melalui mulut (oral). 

Cara penggunaan termometer ini dengan cara, bayi dalam posisi telungkup masukkan termometer yang telah diberi pelicin ke dalam anus bayi dengan kedalaman 1 inci, tunggu selama 3 menit dan harus menjaga secara hati-hati. Cara ini harus dilakukan dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Baca juga: Suhu dan Termometer: Arti dan Jenisnya

  • Penggunaan termometer digital

Cara penggunaan termometer digital sama dengan termometer air raksa, tetapi ada perbedaannya. Termometer ini sudah dilengkapi dengan bunyi bila pengukuran suhu selesai.

Penggunaan termometer ini sebelumnya harus membaca petunjuk penggunaan termometer, karena termometer yang Anda beli mungkin berbeda dalam penggunaannya.

Penggunaan termometer pada prinsipnya sama, tetapi perlu diperhatikan ketelitiannya. Bila menggunakan termometer jangan tergesa-gesa agar mendapatkan hasil yang akurat.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com