Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pengertian Kota Menurut Ahli

Kompas.com - 02/02/2023, 21:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kota dalam pengertian umum adalah suatu daerah terbangun yang didominasi jenis penggunaan tanah non-pertanian dengan jumlah penduduk dan intensitas penggunaan ruang yang cukup tinggi. 

Kota diartikan juga sebagai pusat permukinan dan kegiatan penduduk yang memiliki batasan wilayah administrasi. 

Di Indonesia, batasa wilayah administrasi tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 1987 tentang Penyusunan Rencana Kota. 

Pengertian kota memiliki ragam esensi dari sudut pandang yang kompleks, ditinjau dengan berbagai pendekatan sejarah dan konsep kota. 

Dilansir dari buku Arsitektur Kota, Perancangan Kota, dan Ruang Terbuka Hijau (2022) oleh Noor Hamidah dan teman-teman, berikut pengertian kota menurut ahli, yaitu: 

  • Menurut Grunfeld

Grunfeld menyatakan bahwa kota adalah suatu wilayah yang di mana jumlah penduduk yang tinggal cukup padat dan lebih padat daripada kepadatan wilayah nasional dan bagi para penduduk yang tinggal di perkotaan biasanya bekerja di sektor non agraris atau bukan sektor pertanian.

Selain itu, Grunfeld juga mengatakan bahwa bangunan yang ada di perkotaan berupa gedung-gedung tinggi dan jarak antar gedungnya tidak jauh.

Baca juga: 7 Perbedaan Kota dan Desa

  • Menurut Max Weber

Menurut Max Weber, kota adalah sebuah wilayah atau daerah yang di mana penduduk dari wilayah tersebut mayoritas bisa memenuhi semua kebutuhan ekonomi pasar lokal yang ada di wilayah tersebut.

  • Menurut Burkhard Hofmeister

Menurut Burkhad Hofmeister, kota adalah sebuah pemusatan keruangan mulai dari tempat tinggal, tempat kerja bagi manusia itu sendiri, hingga kegiatan umum.

Dalam hal ini, kegiatan umum dibagi menjadi dua sektor, yaitu sektor sekunder berupa industri dan perdagangan serta sektor tersier yang berupa jasa dan pelayanan masyarakat.

Selain itu Hofmeister juga mengatakan bahwa pertumbuhan yang terjadi di pemusatan keruangan terjadi karena adanya pendatang yang memiliki kemampuan untuk melayani atau memenuhi kebutuhan barang dan jasa bagi wilayah yang letaknya jauh.

  • Menurut Mayer 

Pengertian kota menurut Mayer merupakan tempat bermukim dengan segala fasilitas yang diciptakan, dihuni, dan dinikmati dalam suatu peradaban. Urbanisasi merupakan proses perubahan dari desa (rural) ke kot (urban) baik perubahan berfikir maupun sikap hidupnya. 

  • Menurut Trancik 

Trancik berpendapat morfologi kota tercipta dalam kesatuan yang utuh antara ruang terbuka kota yang disebut void dan masa bangunan yang disebut solid. 

Trancik menemukan tiga integrasi antara arsitektur dan ruang kota, antaranya teori figure ground, teori linkage, dan teori tempat. 

Baca juga: Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan antara Desa dan Kota

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com