Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Matahari Memiliki Gaya Gravitasi yang Sangat Besar?

Kompas.com - 08/11/2022, 16:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Matahari merupakan pusat tata surya dengan gaya gravitasi yang sangat besar. Mengapa Matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar?

Dilansir dari Ask an Astronomer, besar gaya gravitasi berbanding lurus dengan ukuran dan massa namun berbanding terbalik dengan jarak.

Artinya, makin besar ukuran dan massa suatu benda maka makin besar juga gaya gravitasi yang ditimbulkannya. Namun, makin jauh jarak benda tersebut makan makin lemah gaya gravitasinya terasa.

Baca juga: Gravitasi: Definisi dan Faktanya

Ukuran yang Sangat Besar

Matahari adalah benda paling masif dalam tata surya. Dilansir dari Universe Today, matahari menyumbang 99,8 persen keseluruhan massa tata surya yaitu sekitar 1,98892 x 10^30 kilogram.

Artinya, matahari lebih berat 333.000 kali daripada bumi dan 1.048 kali daripada planet terbesar di tata surya, yaitu Jupiter. Artinya, matahari adalah benda langit terbesar di tata surya.

Dengan ukuran dan massa yang sangat besar tersebut, matahari memiliki gaya gravitasi yang juga sangat besar.

Dilansir dari NASA, percepatan gravitasi matahari mencapai 274 meter per sekon kuadrat. Sebagai perbandingan, percepatan gravitasi bumi hanya sekitar 9,78 meter per sekon.

Artinya, gaya gravitasi matahari 28 kali lebih besar daripada gaya gravitasi bumi. Hal tersebut membuat berat suatu benda akan terasa jauh lebih berat di matahari.

Baca juga: Gaya Berat: Pengertian dan Rumusnya

Misalnya, berat suatu benda di bumi adalah 10 kilogram. Namun, di matahari benda tersebut akan memiliki berat sebesar 280 kilogram.

Dengan gaya gravitasi yang sangat besar tersebut, matahari mampu menyatukan tata surya. Gaya gravitasi matahari menahan delapan planet, asteroid, dan semua benda angkasa tetap berada dalam tata surya.

Namun, bersarnya gaya gravitasi matahari tidak terasa sama di semua tempat. Makin dekat suatu benda dengan matahari, maka makin besar juga percepatan gravitasi yang dirasakannya.

Sebaliknya, makin jauh suatu benda dengan matahari, maka makin kecil juga percepatan gravitasinya dirasakan.

Contohnya, gaya gravitasi matahari terasa lebih kuat di merkurius (planet paling dekat dengan matahari) dan terasa jauh lebih lemah di uranus (planet paling jauh dari matahari).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com