Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Bilangan Pecahan dan Contohnya

Kompas.com - 05/11/2022, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comBilangan pecahan adalah jenis bilangan dalam bentuk pecahan a/b. Di mana a adalah pembilang, sedangkan b adalah penyebut. Bilangan pecahan dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

Ada berapakah jenis-jenis bilangan pecahan? Jenis bilangan pecahan ada empat jenis yaitu bilangan pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan bentuk desimal, dan pecahan bentuk persen. Berikut adalah penjelasannya!

Pecahan biasa

Pecahan biasa adalah jenis bilangan pecahan yang paling sederhana dan hanya terdiri dari penyebut dan pembilang yang berupa bilangan bulat.

Pecahan biasa dibagi lagi menjadi dua, yaitu pecahan murni dan pecahan tidak murni.

Baca juga: Mengurutkan Bilangan Bulat dan Pecahan

  • Pecahan murni adalah pecahan yang nilai penyebutnya selalu lebih besar dari pembilangnya (a<b). Contoh pecahan murni adalah .
  • Pecahan tidak murni adalah kebalikan dari pecahan murni. Dilansir dari Cuemath, pecahan tidak murni memiliki pembilang yang lebih besar daripada penyebutnya (a>b). Contoh pecahan tidak murni adalah .

Pecahan campuran

Jenis bilangan pecahan selanjutnya adalah pecahan campuran. Dilansir dari Math is Fun, pecahan campuran adalah gabungan dari bilangan bulat dan pecahan murni.

Biasanya, bilangan bulat disimpan di depan pecahan murni. Contoh pecahan campuran adalah:

Baca juga: Sifat-sifat Operasi Bilangan Bulat

Pecahan bentuk desimal

Dilansir dari Splash Learn, pecahan desimal adalah jenis bilangan pecahan yang penyebutnya harus berupa 10 atau kelipatan 10 seperti 100, 1000, 10.000, dan seterusnya.

Adapun, pembilangnya merupakakan bilangan bulat. Pecahan bentuk desimal biasnaya dinyatakan dalam bentuk angka desimal. Contoh pecahan desimal adalah:

  •  

Baca juga: Mengubah Pecahan menjadi Desimal 

Pecahan bentuk persen

Jenis bilangan pecahan selanjutnya adalah pecahan bentuk persen. Pecahan bentuk persen memiliki penyebut 100 dan dinyatakan dalam bentuk persen. Contoh pecahan bentuk persen adalah:

  • ½ = 50%
  • ¼ = 0,25%
  • ¾ = 75%
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com