Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis Hiu di Dunia

Kompas.com - 04/11/2022, 08:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Ani Rachman,S.Pd Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.comHiu termasuk jenis ikan yang ganas. Dari hasil penelitian para ilmuwan yang menyebutkan bahwa hewan ini menyantap semua makanan yang berupa bangkai.

Jika hiu mencium bau darah, meskipun jaraknya sejauh 0,5 kilometer, pasti hewan ini akan mencari dan menyantap apa pun bentuknya karena hewan ini memiliki seperangkat indra penciuman yang hebat. 

Hiu adalah ikan dengan kerangka tulang muda dan bertubuh ramping. Bernafas melalui liang insang (di samping kanan kiri bagian kepala), yang jumlahnya berbeda-beda tergantung spesiesnya.

Ukuran tubuh ikan hiu ada bermacam-macam dari yang kecil lebih kurang 22 sentimeter sampai yang besar lebih kurang 12 meter.

Baca juga: Mengapa Hiu Kepala Martil Mampu Mendeteksi Mangsanya?

Bahkan, ada beberapa jenis ikan hiu yang dapat dimakan. Ada berbagai jenis ikan hiu yang terdapat di dunia. Jenis-jenis ikan hiu itu antara lain adalah:

  • Hiu penumbuk
  • Hiu paus
  • Hiu putih besar
  • Hiu anjing
  • Hiu kepala martil
  • Wobbegong
  • Hiu mulut besar
  • Hiu basking

Berikut penjelasannya: 

Hiu Penumbuk

Ikan ini besarnya lebih kurang enam meter. Untuk mencari makannya, ikan ini akan memukul-mukulkan ekornya yang lebih panjang daripada badannya.

Sehingga, ikan yang ada di sekitarnya akan pingsan atau mati, lalu ikan ini akan menyantapnya.

Baca juga: Alasan Ikan Hiu Menyerang Manusia

Hiu Paus

Hiu paus termasuk ikan terbesar di dunia, panjangnya dapat melebihi kapal layar. Makanannya plankton dan ikan kecil.

Hiu Putih Besar

Hiu ini termasuk ikan yang sangat berbahaya, karena hiu ini suka menyerang manusia. Di samping itu, hiu ini juga pemangsa yang ganas karena bisa memangsa hewan-hewan yang besar seperti anjing laut, lumba-lumba, dan ikan-ikan lainnya.

Hiu Anjing

Ikan ini termasuk hiu yang ukuran tubuhnya tidak lebih besar dari ikan tongkol. Ikan ini juga bisa dikonsumsi manusia.

Hiu Kepala Martil

Hiu ini juga termasuk pemburu yang ganas yang biasa menyerang manusia. Matanya terletak pada ujung-ujung kepalanya yang berbentuk martil.

Hiu kepala martil dapat melahirkan 30 bayi sekaligus, tetapi bayi-bayi ini sebelumnya telah tumbuh dalam tubuh induknya sekitar dua tahun. Setelah lahir maka bayi-bayi ini akan menyebar mencari makanannya sendiri.

Baca juga: Kenapa Hiu Takut dengan Lumba-Lumba?

Wobbegong

Merupakan jenis hiu permadani, hidupnya dekat pantai Australia. Jika mencari mangsa, ikan ini bersembunyi di antara batu-batuan dan rerumputan, jika ada ikan yang lewat di depannya, dia akan menerkam dan menggigit mangsanya.

Hiu Mulut Besar

Ikan ini hidupnya di palung laut yang dalam. Makanannya terdiri dari udang udang kecil. Hiu mulut besar ini baru dikenal pada tahun 1976 dan sampai sekarang baru dua ekor saja yang dapat ditangkap. Panjang hiu mulut besar ini mencapai kurang lebih 4,5 meter.

Hiu Basking

Hiu basking merupakan hewan raksasa yang tidak merugikan. Panjangnya lebih kurang 14 makanan hiu ini adalah plankton plankton yang disaringnya dari air laut.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com