Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kenampakan Alam di Provinsi Jambi

Kompas.com - 05/09/2022, 15:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang ada di atas permukaan bumi, baik di daratan maupun perairan, yang dapat dilihat secara alamiah.

Kenampakan alam bisa terbentuk karena adanya peristiwa-peristiwa yang terjadi di atas permukaan bumi dari waktu ke waktu.

Selain kenampakan alam, ada juga kenampakan buatan. Kenampakan buatan adalah lingkungan yang sengaja diciptakan oleh manusia untuk memudahkan dalam beraktivitas.

Kali ini kita akan mengenal kenampakan alam dan kenampakan buatan yang berada di Provinsi Jambi. Ada banyak kenampakan alam dan buatan yang menjadi ragam kekayaan alam dari Provinsi Jambi, yaitu:

Baca juga: Mengenal Batik Jambi: Sejarah, Jenis Motif, dan Maknanya 

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci yang berada di Kabupaten Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, ini berada di kawasan Pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 3.805 mdpl.

Gunung yang sering dijadikan objek pendakian gunung bagi pecinta alam ini adalah gunung berapi yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009.

Sungai Batanghari

Jembatan Gentala Arasy membentang di atas Sungai Batanghari di Kota Jambi. Sungai Batanghari merupakan jembatan terpanjang di Sumatera.Shutterstock/Indah Widiastuti Jembatan Gentala Arasy membentang di atas Sungai Batanghari di Kota Jambi. Sungai Batanghari merupakan jembatan terpanjang di Sumatera.

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang sekitar 800 kilometer.

Hampir semua kabupaten di Provinsi Jambi dilalui oleh aliran Sungai Batanghari, seperti Kabupaten Batanghari, Bungo, Tebo, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi, dan bermuara ke Selat Malaka di daerah Muaro Sabak. Tak hanya di Provinsi Jambi, sungai ini juga mengalir di sebagian daerah di Sumatera Barat.

Baca juga: 5 Obyek Wisata di Kota Jambi

Danau Sipin

Danau Sipin, Jambiwikimedia.org/Roby diery Danau Sipin, Jambi

Danau Sipin merupakan danau alami yang berada di tengah-tengah Kota Jambi. Di tengah-tengah danau Sipin ada beberapa keramba ikan yang memang sengaja dibuat oleh para nelayan ikan, dan juga terdapat sebuah rumah panggung yang digunakan sebagai tempat peristirahatan para nelayan ikan tersebut.

Ikan-ikan yang dibudidayakan pun bermacam-macam, semuanya berjenis ikan air tawar seperti mujair, nila mas dan lain lain. Selain itu, Danau Sipin juga dijadikan sebagai obyek wisata bagi masyarakat Jambi.

Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap di Jambi.www.indonesia.travel Air Terjun Telun Berasap di Jambi.

Air terjun Telun Berasap merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Provinsi Jambi. Air Terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini berada di Kabupaten Kerinci.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com