Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hewan-hewan Nokturnal

Kompas.com - 15/08/2022, 15:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Hewan nokturnal pada dasarnya merupakan hewan yang beraktivitas pada malam hari dan akan tidur pada siang hari. Hewan nokturnal disebut juga hewan giat malam. Nokturnal merupakan kebalikan dari diurnal yang merupakan aktivitas normal seperti manusia.

Hewan nokturnal umumnya memiliki kemampuan indera penciuman, pendengaran, dan penglihatan yang sangat tajam. Oleh karena itu, hewan nokturnal dapat beradaptasi pada cahaya yang minim karena memiliki kornea khusus.  

Berikut 10 contoh-contoh hewan nokturnal, yaitu:

  • Kucing

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling digemari. Kucing dapat dikatakan sebagai hewan nokturnal, karena sebagian kucing dapat beraktivitas di malam hari. Meskipun kebanyakan kucing tetap aktif di siang hari. Hal ini dikarenakan adanya naluri predator pada kucing. 

Pernahkah kamu melihat mata kucing yang bersinar di malam hari? Hal ini menjadi tanda bahwa kucing memiliki penglihatan yang tajam bahkan di malam hari. 

Baca juga: Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan

  • Koala

Koala merupakan hewan khas Australia. Hewan ini akan beraktivitas pada malam hari dan tidur selama 18-20 jam di siang hari. Nama latin dari koala adalah Phascolarctos Cinereus

Salah satu fakta unik yang dimiliki oleh koala adalah mereka mampu berenang dengan kecepatan 18 mil per jam. Koala ini bisa ditemui di wilayah-wilayah pesisir timur Australia seperti Adelaide sampai Cape York. 

Habitat terbaik koala adalah di hutan yang memiliki curah hujan yang tinggi. Di Australia sendiri, koala dilarang untuk dijadikan hewan piaraan.

  • Kelelawar

Kelelawar salah satu hewan nokturnalcanva.com Kelelawar salah satu hewan nokturnal

Kelelawar adalah salah satu hewan nokturnal yang paling dikenal. Hewan ini menyukai tinggal di wilayah-wilayah yang gelap seperti gua, rumah kosong, hingga bangunan tua.

Kelelawar ini termasuk ke dalam hewan mamalia dalam ordo Chiroptera yang memiliki ciri khas sayap menempel dengan tangannya. 

Penglihatan kelelawar ini sangat tajam, mata mereka bahkan bisa melihat sinar ultraviolet. Kelelawar sering digambarkan sebagai makhluk buas yang menyerang manusia, padahal kenyataannya makanan kelelawar adalah buah-buahan.

Meskipun digambarkan sebagai binatang yang mistis dan buas, di kehidupan nyata kelewawar memiliki peran penting, seperti: 

  1. Menyebarkan bibit buah-buahan dan membantu penyerbukan bunga. 
  2. Mengendalikan serangga karena untuk jenis kelelawar yang memangsa serangga. 
  3. Menghasilkan pupuk organik guano yang berasal dari kotoran kelelawar. 

Baca juga: Ciri Khusus Hewan dan Fungsinya

  • Tarsius

Tarsius merupakan hewan asli Indonesia dari Pulau Sulawesi. Tarsius disebut sebagai primata terkecil di dunia karena ukurannya yang sangat kecil. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com