Kompas.com - 09/08/2022, 16:30 WIB

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Semua makhluk hidup perlu melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan agar dapat bertahan hidup dan meneruskan populasinya.

Semua makhluk hidup di bumi memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukan penyesuaian. Hal itu disesuaikan dengan habitat atau tempat tinggalnya.

Ketika makhluk hidup tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, maka hidupnya akan terancam. Berikut adalah ciri-ciri khusus pada hewan dan fungsinya: 

Kemampuan mimikri pada bunglon

Pernahkah kamu melihat bunglon? Bunglon memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungan di sekitarnya.

Ketika bunglon berada di tanah, maka warna kulitnya akan sama dengan warna tanah, ketika bunglon berada di batang pohon, maka ia akan mengubah warna kulitnya sesuai warna kulit pohon, dan begitu seterusnya.

Perubahan warna kulit itu dilakukan dengan tujuan untuk mengelabui musuhnya. Kemampuan Bunglon dalam mengubah warna kulit tersebut disebut dengan mimikri.

Baca juga: Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Kaki perekat pada cicak

Cicak adalah salah satu hewan yang paling sering kita jumpai di rumah. Cicak biasanya hidup menempel pada dinding atau tembok rumah. Karena itu, cicak memiliki kaki perekat agar tak jatuh saat berjalan di dinding atau tembok.

Cicak juga memiliki lidah yang panjang dan lengket yang berfungsi untuk menangkap mangsa yang akan dijadikan makanannya, seperti nyamuk dan serangga-serangga kecil. Cicak juga memiliki kemampuan memutuskan ekornya yang bertujuan untuk mengelabui musuhnya.

Bentuk paruh burung sesuai dengan makanannya

Burung juga memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan. Burung memiliki banyak jenis paruh yang disesuaikan dengan jenis makananya.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.