Kompas.com - 10/08/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com – Dalam biologi, jamur disebut fungi. Ada banyak sekali jenis jamur, baik yang menguntungkan maupun merugikan manusia.

Dilansir dari buku Biology Modern (2006) karangan John H. Postlewait dan Janet L. Hopson, jamur adalah organisme eukariotik, nonfotosintetik, dan sebagian besar heterotrof multiseluler.

Mayoritas di antaranya merupakan jamur mikroskopis atau ragi.

Ragi adalah jamur mikroskopis yang koloninya menyerupai bakteri. Ragi sering dimanfaatkan untuk mengembangkan roti.

Menurut Reece, dkk dalam buku Campbell Biology (2008), ada lima kelompok utama jamur, yaitu:

  1. Zygomycota
  2. Ascomycota
  3. Basidiomycota
  4. Chytridiomycota
  5. Glomeromycota.

Baca juga: Sistem Reproduksi pada Kingdom Fungi

Zygomycota

Detail of Sporangia of a Mucorales fungi species growing on a peach.  Zephyris Detail of Sporangia of a Mucorales fungi species growing on a peach.

Terdiri atas hifa tak bersekat yang memiliki banyak inti sel. Dinding selnya mengandung zat kitin. Zygomycota tidak memiliki tubuh buah.

Beberapa hifa berdiri tegak dan membentuk sporangiofor. Pada bagian ujungnya ada sporangium berbentuk bulat yang memiliki spora aseksual di dalamnya.

Sebagian besar zygomycota hidup sebagai saproba (pengurai). Beberapa di antaranya ada yang bersimbiosis mutualisme dengan akar tumbuhan membentuk mikoriza. 

Reproduksi aseksual terjadi bila kondisi lingkungan baik dan mendukung. Sedangkan reproduksi seksual berlangsung saat kondisi lingkungan kering dan tidak menguntungkan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.