Kompas.com - 08/08/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com – Pinus dan cemara merupakan contoh spesies gimnospermae. Selain keduanya, masih ada banyak tumbuhan gymnospermae lainnya.

Tumbuhan berbiji dikenal dengan istilah gymnospermae dan angiospermae. Tidak seperti angiospermae yang bijinya diselimuti daging buah, gymnospermae punya biji terbuka pada sporofil yang biasanya berbentuk kerucut.

Dikutip dari buku Campbell Biology (2008) karangan Reece dkk, mayoritas gymnospermae merupakan tumbuhan konifer.

Gymnospermae terbagi menjadi empat filum, yaitu:

  • Filum Cycadophyta
  • Filum Ginkgophyta
  • Filum Gnetophyta
  • Filum Coniferophyta

Filum Cycadophyta

Cycas revoluta in a botanical garden maintained by the University of Düsseldorf.Holek Cycas revoluta in a botanical garden maintained by the University of Düsseldorf.

Tumbuhan Cycas berkembang pesat selama era mesozoikum. Sekitar 300 spesiesnya, memiliki bentuk tubuh seperti kerucut besar dan daun seperti palem. Total 75 persen spesies ini terancam punah akibat ulah manusia.

Dilansir dari buku Biology Modern (2006) karangan John H. Postlewait dan Janet L. Hopson, mayoritas tanaman Cycas berasal dari daerah tropis dan memerlukan waktu lama untuk tumbuh. Beberapa di antaranya hidup hampir seribu tahun.

Baca juga: Cara Reproduksi pada Tumbuhan Gymnospermae (Biji Terbuka)

Kebanyakan Cycas memiliki daun yang kasar. Tanaman ini lazim digunakan sebagai tanaman hias.

Cycadophyta mencakup beberapa jenis tumbuhan palem. Contohnya Cycas rumpii, dan Cycas revulata.

Filum Ginkgophyta

Sebuah jalur yang dipenuhi pohon ginkgo di Meiji Jingu Gaien, Shinjuku, Tokyo, JepangSHUTTERSTOCK / By NH Sebuah jalur yang dipenuhi pohon ginkgo di Meiji Jingu Gaien, Shinjuku, Tokyo, Jepang

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.