Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Kompas.com - 05/08/2022, 13:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Hewan adalah makhluk yang paling beragam, diperkiran ada lebih dari dua juta spesies hewan di bumi. Hewan dapat diklasifikasikan berdasarkan tempat hidupnya.

Jenis hewan berdasarkan tempat hidupnya dibagi menjadi tiga yaitu hewan yang hidup di darat, di air, dan juga yang dapat hidup di darat dan di air. Berikut adalah penjelasan tiga jenis hewan berdasarkan tempat hidupnya!

Hewan yang hidup di darat

Hewan yang hidup di darat kerap disebut sebagai hewan terrestrial.

Dilansir dari Biology Online, hewan yang hidup di darat adalah hewan yang hidup, berkembang biak, juga menghabiskan sebagain besar hidupnya di darat.

Baca juga: Awal Kehidupan Reptil dan Makhluk Besar di Darat

Hewan yang hidup di darat hidup di berbagai jenis daratan bumi dan tidak dapat bertahan lama di dalam air.

Contoh hewan yang hidup di darat adalah kucing, anjing, singa, harimau, orangutan, owa, kelelawar, sapi, banteng, musang, tikus, gajah, dan burung unta.

Hewan yang hidup di air

Hewan yang hidup di air atau hewan akuatik adalah hewan yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di ekosistem air. Ekosistem air melingkupi ekosistem air tawar, air asin, ataupun air payau.

Sebaliknya dengan hewan yang hidup di darat, hewan yang hidup di air tidak dapat hidup lama di darat.

Baca juga: Jenis-Jenis Ekosistem Pantai

Contoh hewan yang hidup di air adalah paus, lumba-lumba, manatee, hiu, penyu, gurita, cumi-cumi, udang, plankton, dan berbagai jenis ikan.

Hewan yang hidup di darat dan air

Jenis hewan berdasarkan tempat hidupnya adalah hewan yang hidup di darat dan air.

Dilansir dari The National Wildlife Federation, hewan ini menghasbiskan sebagian hidupnya di daratan dan sebagian lagi di perairan dan dapat bertahan hidup lama di kedua lingkungan tersebut.

Contoh hewan yang hidup di darat dan di air adalah buaya, penguin, walrus, berang-berang, angsa, bebek, kapibara, kuda nil, dan hewan kelas amfibi seperti katak dan salamander.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com