Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Nama Alat Pernapasan pada Hewan

Kompas.com - 16/07/2022, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu alat pernapasan hewan yang paling dikenal adalah insang yang digunakan untuk ikan. Apalagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan Nama alat pernapasan pada hewan adalah:

Insang

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, insang adalah jenis alat pernapasan yang terbentuk dari jaringan bercabang atau berbulu yang kaya akan pembuluh darah.

Baca juga: Sistem Ekskresi Ikan Air Tawar dan Air Laut

Insang ditemukan pada hewan air dan amfibi. Insang biasanya berada di dalam rongga dan memiliki kemampuan mengambil oksigen dari dalam air dan melepaskan karbon dioksida.

Contoh hewan yang bernapas menggunakan insang adalah hampir semua jenis ikan, pari, hiu, kerang raksasa, kecebong katak Amerika, beberapa jenis katak, gurita, keong laut dan kelinci laut.

Paru-paru

Alat pernapasan yang digunakan hewan selanjutnya adalah paru-paru. Paru-paru biasanya digunakan sebagai organ pernapasan oleh hewan vertebrata yang tinggal di darat.

Paru-paru setiap jenis hewan berbeda satu sama lain. Semua mamalia (seperti jerapah, singa, kucing, dan primata) bernapas dengan paru-paru, termasuk mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus.

Contoh lain hewan yang bernapas dengan paru-paru adalah amfibi dewasa dan semua spesies burung.

Baca juga: Macam-macam Sistem Pernapasan Hewan

Trakea

Alat pernapasan pada hewan selanjutnya adalah trakea. Dilansir dari Biology LibreTexts, trakea adalah jaringan tabung kecil yang terbuat dari polimer bernama kitin.

Trakea hadir pada hewan yang tidak bergantung pada sistem peredaran darah. Sehingga, trakea membantu sistem pernapasan mandiri tanpa adanya darah.

Trakea biasanya dilengkapi dengan spirakel, yaitu lubang tempat masuk dan keluarnya udara. Trakea memungkinkan difusi oksigen, karbon dioksida dan juga uap air pada hewan.

Contoh hewan yang bernapas dengan menggunakan trakea adalah serangga (seperti lebah, nyamuk, semut, kupu-kupu, belalang, juga kumbang), lipan, dan arachnida (seperti laba-laba, kalajengking, tungau, juga kutu).

Baca juga: Spirakel: Organ Penapasan pada Serangga

Kulit

Alat perapasan yang digunakan hewan selanjutnya adalah kulit. Dilansir dari Sciencing, hewan yang bernapas dengan kulit memiliki kulit lembap, bersifat permeabel, dan memiliki pembuluh darah kapiler di dekat permukaan kulitnya.

Udara dapat masuk melalui kulit, kemudian oksigen akan masuk ke dalam kapiler dan disebarkan ke seluruhjaringan tubuh.

Contoh hewan yang menggunakan kulit sebagai alat pernapasan adalah katak, kodok, salamander, dan cacing tanah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com