Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 2 Provinsi di Kepulauan Maluku 

Kompas.com - 01/08/2022, 17:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Pulau Maluku menjadi sekelompok pulau di Indonesia yang terletak di lempeng Eurasia dan Pasifik. 

Pulau Maluku berbatasan dengan Pulau Sulawesi di sebelah barat, Nugini di sebelah timur, dan Timor Leste di sebelah selatan. 

Kepulauan Maluku adalah satu provinsi semenjak Indonesia merdeka, kemudian dipecah pada 1999 menjadi Maluku Utara dan Maluku. 

Berikut dua provinsi yang ada di Pulau Maluku, yaitu: 

Baca juga: Parang Salawaku dan Tombak, Senjata Tradisional Maluku

Provinsi Maluku 

Kata Maluku berasal dari Nagarakretagama, sebuah kakawin berbahasa Jawa Kuno dari tahun 1365. Pupuh 14 bait 5 menyebutkan Maloko, yang kemudian diidentifikasikan oleh seorang ahli Sastra Jawa dari Belanda, Theodoor Gautier Thomas Pigeaud dengan Ternate atau Maluku.

Dikutip dari buku Kepulauan Rempah-Rempah: Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250-1950 (2016) oleh Muhammad Adnan Amal,  penamaan Maluku berasal dari konsep "Maluku Kie Raha". 

Di mana Raha berarti empat, sedangkan Kie artinya gunung. Kalimat tersebut mengacu pada empat pulau yang memiliki gunung, yakni Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo (Halmahera). 

Asal kata lain berupa “Maloko” merupakan gabungan kata “Ma” yaitu penunjang dan “Loko” yang kemudian berubah menjadi "Luku" yang berarti tempat atau dunia. Jika digabungkan "Maloko Kie Raha" artinya “Dunia berdirinya empat gunung”.

Maluku yang beribukota Ambon memiliki penduduk sebanyak 1.848.923 jiwa (2020). Sepertiga jumlah tersebut tinggal di kota Ambon. Memiliki luas wilayah sebesar 46.914,03 km². Hari jadi provinsi Maluku yaitu tanggal 19 Agustus 1945, 

Gunung-gunung di Provinsi Maluku, seperti Gunung Binaiya (3.027 mdpl), Gunung Kapalatmada (2.700 mdpl), dan masih banyak lainnya.  

Flora dan fauna khas Provinsi Maluku adalah Anggrek Larat (Dendrobium bigibbum var. schoederianum) dan Burung Nuri raja Ambon (Alisterus amboinensis). Senjata khasnya Parang Salawaku, sementara tumah adatnya disebut Baileo.

Baca juga: Dampak Portugis di Malaka dan Maluku

Provinsi Maluku Utara

Provinsi Maluku Utara terkenal dengan Gunung Gamala (1.715 mdpl) yang terletak di Kota Ternate. Provinsi MalukuUtara beribukota di Sofifi. Sebelum pindah pada tahun 2010, ibukota provinsi ini ada di Ternate. 

Maluku Utara merupakan provinsi bagian Timur Indonesia yang resmi terbentuk pada 4 Oktober 1999 yang sebelumnya menjadi kabupaten dari provinsi Maluku bersama dengan Halmahera Tengah.

Berdasarkan data BPS pada 2021, jumlah penduduk Provinsi Maluku Utara yaitu 1.316.973 jiwa. Dengan luas wilayah sebesar 31.982,50 km².

Provinsi Maluku Utara memiliki 1.474 pulau, jumlah pulau yang dihuni sebanyak 89 dan sebanyak 1.385 masih belum berpenghuni.

Flora dan fauna identitas Maluku Utara adalah Cengkih (Syzygium aromaticum) dan Burung Bidadari Halmahera (Semioptera wallacii).

Seperti provinsi Induknya, Maluku utara memiliki Pedang Salawaku dan rumah adat  yang disebut Rumah Baileo dan rumah Sasadu. 

Baca juga: Keunikan Alat Musik Fu, Maluku Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com