Kompas.com - 30/07/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Metode ilmiah merupakan hal yang wajib dilakukan ilmuwan dalam memecahkan suatu masalah atau mengembangkan ilmu pengetahuan.

Prosedur paling awal dalam metode ilmiah adalah merumuskan masalah serta menyusun hipotesis. Sedangkan langkah terakhir berupa pemaparan hasil temuan.

Apa yang dimaksud dengan metode ilmiah?

Pengertian metode ilmiah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), metode ilmiah diartikan sebagai pendekatan atau cara yang digunakan dalam penelitian.

Yang dimaksud dengan metode ilmiah adalah serangkaian cara atau metode yang mengacu pada urutan pasti dan terstruktur.

Adapun scientific method merupakan sebutan metode ilmiah dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Pengertian Metode Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian

Dilansir dari situs Encyclopaedia Britannicascientific method adalah teknik yang digunakan dalam konstruksi serta pengujian hipotesis ilmiah.

Bisa juga diartikan sebagai langkah matematis serta teknik eksperimental yang digunakan dalam sains.

Menurut Muhammad Hendra Firmansyah dalam buku Pengantar Filsafat Ilmu (2021), metode ilmiah adalah proses yang digunakan untuk mewujudkan ilmu pengetahuan secara efektif, sistematis, dan prosedural, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Kesimpulannya, yang dimaksud dengan metode ilmiah adalah serangkaian cara yang digunakan untuk mencari serta mengembangkan ilmu pengetahuan, dengan urutan yang pasti dan terstruktur.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.