Kompas.com - 26/07/2022, 17:00 WIB

Oleh: Rina Kastori, Guru SMPN 7 Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 

 

KOMPAS.com - Pelaku ekonomi merupakan individu atau kelompok yang melakukan kegiatan ekonomi baik konsumsi, produksi maupun distribusi. 

Dikutip dari buku Ekonomi dalam Kulit Kacang (2019) oleh Teuku Redha Vahlevi pelaku ekonomi adalah kelompok atau individu yang membuat keputusan ekonomi berdasarkan sumber daya yang dimiliki. 

Keputusan ekonomi tidak hanya tentang produksi, distribusi, dan konsumsi, melainkan juga memengaruhi individu atau kelompok lainnya untuk melakukan kegiatan ekonomi yang sama. 

Lalu siapa saja yang berperan sebagai pelaku ekonomi? Apa peran mereka dalam perekonomian suatu negara?

Baca juga: Jenis-Jenis Usaha Ekonomi di Masyarakat Indonesia

Pelaku ekonomi 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat empat pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga konsumen, produsen, pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Berikut penjelasannya: 

Rumah tangga konsumen

Rumah tangga konsumen merupakan pelaku kegiatan ekonomi yang paling banyak. 

Rumah tangga konsumen adalah sekelompok masyarakat baik individu maupun kelompok yang melaksanakan konsumsi atas hasil produksi baik barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. 

Rumah tangga konsumen berperan sebagai konsumen dengan mengonsumsi barang-barang produksi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sekaligus sebagai penyedia faktor produksi dengan menyewakan tanah untuk kegiatan produksi, serta investasi ke perusahaan untuk mendapatkan bunga/ dividen atau laba.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.