Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Pasar Berdasarkan Luas Wilayahnya

Kompas.com - 25/07/2022, 07:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan penawaran serta permintaan.

Dalam kegiatan ekonomi, pasar berperan penting bagi masyarakat. Tak hanya sebagai penyedia produk, tetapi turut menunjang kelancaran pembangunan nasional.

Ada beberapa kategori pembagian pasar. Salah satunya, yakni pembagian jenis pasar berdasarkan luas wilayah atau jangkauannya.

Jenis pasar berdasarkan luas jangkauannya

Pembagian ini didasarkan pada jangkauan atau luas wilayah tempat beroperasinya pasar. Apakah hanya dalam lingkup suatu daerah atau meliputi beberapa negara.

Sebutkan jenis pasar berdasarkan luas wilayah! 

Jenis pasar berdasarkan luas wilayahnya dibagi menjadi empat, yakni pasar lokal, pasar regional, pasar nasional, dan pasar internasional.

Berikut penjelasannya:

Pasar lokal

Dikutip dari buku Ekonomi Syariah (2021) karya Fuadi dkk, pasar lokal adalah pasar di mana penjual dan pembeli berkumpul dari satu daerah untuk menjual serta membeli barang.

Baca juga: Jenis Pasar Berdasarkan Strukturnya

Jenis pasar ini hanya meliputi daerah tertentu saja. Biasanya barang yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar.

Contohnya pasar tradisional yang bisa kita jumpai di lingkungan sekitar.

Pasar regional

Salah satu jenis pasar berdasarkan luas wilayahnya ialah pasar regional.

Menurut Asep Suraya Maulana dalam buku Kewirausahaan dalam Pandangan Islam (Historis-Politik dan Ekonomi) (2020), pasar regional adalah pasar yang pemasarannya meliputi beberapa negara di wilayah tertentu.

Pasar ini umumnya ada di bawah naungan kerja sama regional antarnegara. Misal, pasar AFTA (ASEAN Free Trade Area) di Asia Tenggara.

Pasar nasional

Dilansir dari buku Ensiklopedia Perdagangan Nasional (2010) oleh Wahab, pasar nasional adalah pasar di negara tempat barang atau produk itu dihasilkan.

Baca juga: Jenis-Jenis Pasar

Pemasaran pasar ini dilakukan di dalam negeri, guna meningkatkan penghasilan penduduk tiap tahunnya.

Contoh pasar nasional adalah industri sepatu di Bandung.

Pasar internasional

Jenis pasar berdasarkan luas wilayahnya ini hadir untuk memperdagangkan barang atau jasa yang konsumennya meliputi dunia internasional.

Komoditas yang dijual pun merupakan produk yang dibutuhkan banyak negara di dunia. Oleh sebab itu, pasar ini disebut juga pasar dunia.

Misalnya pasar kopi di Santos (Brazil) dan pasar gandum di Kanada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com