Kompas.com - 25/07/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Agar bisa diakui sebagai sebuah negara, ada dua unsur penting yang harus terpenuhi, yakni unsur konstitutif dan deklaratif.

Unsur konstitutif terdiri atas wilayah, penduduk, dan pemerintahan. Sedangkan unsur deklaratif, yaitu pengakuan dari negara lain.

Pentingnya pengakuan dari negara lain

Wilayah, penduduk, dan pemerintahan merupakan unsur mutlak yang wajib dipenuhi dalam pendirian suatu negara.

Sedangkan pengakuan dari negara lain, tidak mutlak menjadi syarat berdirinya sebuah negara. Namun, tetap menjadi syarat penting yang harus dipenuhi.

Mengapa pengakuan dari negara lain menjadi syarat penting bagi berdirinya sebuah negara?

Menurut Syafrizal, dkk dalam buku Pengantar Ilmu Sosial (2021), pengakuan dari negara lain menjadi syarat penting berdirinya sebuah negara, karena unsur ini menjelaskan keberadaan suatu negara.

Baca juga: Unsur-unsur Penting Berdirinya Suatu Negara

Unsur deklaratif bersifat politik. Artinya keberadaan atau keberlangsungan suatu negara di dunia internasional didasarkan pada pengakuan dari negara lain.

Dikutip dari buku Ilmu Pemerintah (2019) karya Inu Kencana Syafiie, unsur deklaratif bisa diartikan sebagai kerelaan negara lain untuk mengakui kemerdekaan suatu negara beserta pemerintahannya yang sah.

Ini ditujukkan dengan penukaran duta besar dan konsul antarnegara di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, dan budaya.

Dilansir dari jurnal Pengakuan dalam Pembentukan Negara Ditinjau dari Segi Hukum Internasional (2020) oleh Elsa Libella dkk, para pakar hukum internasional menyepakati bahwa pengakuan merupakan hal terpenting dalam hubungan internasional.

Sebab tak ada negara yang mampu hidup sendiri tanpa bantuan atau menjalin hubungan dengan negara lainnya, terlebih lagi di era globalisasi saat ini.

Baca juga: 4 Teori Terbentuknya Negara

Kesimpulannya, ada tiga alasan mengapa pengakuan dari negara lain menjadi syarat penting bagi berdirinya sebuah negara, yaitu:

  1. Pengakuan negara lain menjelaskan keberadaan suatu negara
  2. Menjadi bukti bahwa negara lain mengakui kemerdekaan dan pemerintahan yang sah dari suatu negara
  3. Pengakuan dari negara lain merupakan hal terpenting dalam menjalin hubungan internasional.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.