Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Pasar Tradisional dengan Pasar Modern?

Kompas.com - 22/04/2022, 08:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Ada dua jenis pasar yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, yakni pasar tradisional dan pasar modern.

Dua jenis pasar ini sama-sama menyediakan berbagai kebutuhan, seperti sayuran, makanan serta minuman, buah, daging, sabun, dan lain-lain.

Di balik hal itu, pasar tradisional dan pasar modern berbeda.
Apa sajakah perbedaan pasar tradisional dan pasar modern?

Perbedaan pasar tradisional dan pasar modern

Dikutip dari buku Pemberdayaan Pasar Tradisional di Tengah Kepungan Pasar Modern (2021) oleh Dedi Mulyadi, salah satu perbedaan pasar tradisional dan modern adalah harganya.

Pada pasar tradisional, harganya ditetapkan berdasarkan kesepakatan tawar-menawar antara penjual dan pembeli. Sedangkan di pasar modern, harganya sudah pasti, ditandai dengan adanya label harga.

Menurut Wahab dalam buku Ensiklopedia Perdagangan Nasional (2010), dalam pasar modern, interaksi penjual dan pembeli tidak terjadi secara langsung. Sementara di pasar tradisional terjadi interaksi langsung.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Pasar

Adapun interaksi yang dimaksud adalah perbincangan antara penjual dan pembeli. Misalnya proses tawar-menawar, bertanya tentang ketersediaan produk, dan sebagainya.

Dilansir dari buku Rumah Ekonomi Rumah Budaya (2012) karangan Chatib Basri dkk, berikut beberapa perbedaan pasar tradisional dan pasar modern dalam bentuk tabel:

Pasar tradisional Pasar modern
Prioritas utamanya bukanlah kenyamanan tempat berbelanja, melainkan harga dan produk Bagi pembeli, kenyamanan tempat belanja menjadi hal penting
Produk yang dijual tidak semuanya dipanjang Biasanya semua produk yang dijual akan dipajang dan dikelompokkan pada rak
Penjualnya merupakan pelaku perorangan atau individu Penjual di pasar modern umumnya berbentuk badan usaha yang bertujuan mencari keuntungan
Pembayarannya hanya bisa dilakukan secara tunai Pembayarannya bisa tunai maupun kredit

Terakhir, perbedaan pasar tradisional dan pasar modern adalah fasilitasnya. Pasar tradisional berada di tempat yang terbuka dan petugas kebersihannya sangat minim. Sementara di pasar modern, ada pendingin ruangan dan petugas kebersihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com