Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Tanggung Jawab sebagai Individu

Kompas.com - 12/07/2022, 17:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Jambi

 

KOMPAS.com - Tanggung jawab merupakan sikap terpuji yang hendaknya dimiliki setiap individu. Sikap tanggung jawab mencerminkan nilai karakter setiap individu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Setiap individu mempunyai tanggung jawab, karena tanggung jawab bersifat kodrati yaitu menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Karakter seseorang tercermin dalam sikap tanggung jawabnya, baik terhadap diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Orang yang bertanggung jawab dapat dikatakan sebagai orang yang berkarakter.

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri. Sejak dalam kandungan sampai mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain. Tanggung Jawab setiap individu meliputi berbagai jenis sebagai berikut: 

Baca juga: Contoh Sikap Tanggung Jawab dalam Pengembangan IPTEK

Tanggung jawab terhadap Tuhan

Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, mempunyai akal dan pikiran. Oleh karena itu, Tuhan menurunkan ajaran berupa perintah dan larangan bagi makhluk-Nya, khususnya bagi manusia.

Manusia bertanggung jawab untuk beribadah menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. Contoh tanggung jawab manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa antara lain beribadah sesuai ajaran agama yang dianut, selalu bersyukur, dan menjauhi segala larangan Tuhan. 

Tanggung jawab terhadap diri sendiri 

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Sehingga, bisa memecahkan masalah-masalah kemanusian mengenai dirinya sendiri.

Contohnya:

Vina mendapat pekerjaan rumah dari Bu Guru untuk dikumpulkan esok hari. Akan tetapi, Vina justru menghabiskan waktu untuk menonton acara televisi. Vina tidak mengerjakan pekerjaan rumah.

Esok harinya, Vina ditegur Bu Guru dan Vina mendapat sanksi. Dalam peristiwa ini Vina harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri akibat tidak mengerjakan pekerjaan rumah dari Bu Guru.

Baca juga: Jenis-jenis Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Tanggung jawab terhadap keluarga

Tanggung jawab terhadap keluarga menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga, baik ayah, ibu, maupun anak.

Dalam sebuah keluarga, tanggung jawab anggota keluarga menyangkut upaya menjaga nama baik keluarga, meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan menjaga keselamatan.

Misalnya:

Seorang ayah bekerja keras untuk menafkahi anggota keluarganya dan demi memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya. Ayah tersebut telah melaksanakan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com