Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Alat Musik Membranofon

Kompas.com - 20/06/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik dibagi menjadi empat kelompok, yakni idiofon, kordofon, aerofon, dan membranofon.

Sumber bunyi idiofon berasal dari getaran alat musiknya. Sementara aerofon berasal dari embusan udara pada rongga alat musik. Sedangkan kordofon asal bunyinya dari dawai.

Lalu, bagaimana dengan alat musik membranofon?

Menurut Sahabuddin Mahganna dalam buku Olioreang: Entitas Ritmis dan Melodi Mandar (2020), membranofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari kulit, selaput, atau membran.

Kulit atau selaput itu diregangkan dan dipasangkan pada sebuah kotak atau tabung. Ketika ditepuk, alat musik itu akan mengeluarkan suara.

Sebutkan 4 contoh alat musik yang termasuk jenis membranofon! 

Contoh alat musik yang termasuk jenis membranofon adalah tifa, drum, kendang, dan tuma.

Baca juga: Tifa, Alat Musik Daerah Papua

 

Tifa

Dilansir dari situs Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, tifa adalah alat musik asal Papua, yang menjadi simbol perdamaian masyarakat Papua di zaman dahulu.

Kini, tifa banyak digunakan dalam berbagai ritual, seperti pesta adat, perkawinan, penyambutan tamu, dan sebagainya.

Alat musik membranofon ini dimainkan dengan dipukul atau ditabuh. Fungsi utama alat musik tifa adalah mengiringi tarian adat masyarakat Papua.

Drum

Merupakan alat musik perkusi dan membranofon yang dimainkan dengan dipukul menggunakan tangan atau stik.

Bagian luar drum terbuat dari kayu sehingga kuat. Sementara bagian kulitnya terbuat dari bahan sintetis, seperti plastik.

Kendang

Dikutip dari buku Teknik Permainan Kendang Tunggal pada Gamelan Bali (2020) karangan I Putu Danika Pryatna dkk, kendang adalah alat musik tradisional yang menjadi bagian dari gamelan Bali dan Jawa.

Baca juga: Tuma, Alat Musik Khas Kalimantan Barat

Umumnya kendang terbuat dari bahan kayu yang dilapisi kulit sapi pada tiap sisinya. Bagian luar alat musik membranofon ini dibuat dari kayu nangka, jati, atau batang kelapa.

Kendang dimainkan dengan dipukul, sehingga sering disebut alat musik perkusi. Fungsi utama kendang ialah mengatur irama.

Tuma

Adalah alat musik semacam kendang yang dimainkan dengan ditabuh atau dipukul menggunakan telapak tangan.

Tuma merupakan alat musik tradisional khas Kalimantan Barat. Salah satu ciri khas tuma adalah berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya.

Alat musik membranofon ini memiliki panjang sekitar 1,25 meter dengan diameter berkisar 0,15 meter.

Baca juga: Macam-macam Alat Musik Perkusi dan Contohnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com