Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Gelombang Mekanik

Kompas.com - 04/06/2022, 16:13 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comGelombang mekanik adaah salah satu jenis utama gelombang. Gelombang mekanik dapat mentransmisikan energi melalui medium. Yang termasuk gelombang mekanik adalah:

Gelombang suara

Contoh gelombang mekanik adalah gelombang suara atau bunyi. Semua bunyi yang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari (termasuk suara kita sendiri) adalah gelombang mekanik. 

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, bunyi merambat memalui medium udara, air, dan benda padat sebagai gelombang longitudinal. Artinya, bunyi adalah gelombang mekanik yang arah getarnya se arah dengan arah rambatnya. 

Baca juga: Faktor yang Memengaruhi Kuat Lemahnya Bunyi

Gelombang air

Dilansir dari Penn State's Graduate Program in Acoustics, gelombang air adalah contoh gelombang mekanik yang merupakan kombinasi dari gelombang longitudinal dan transversal. 

Disebut gelombang mekanik, karena gelombang air membawa energi yang merambat melalui medium air. 

Gelombang tali 

Contoh gelombang mekanik selanjutnya adalah gelombang tali. Jika sebuah tali diberikan getaran pada sisinya, energi getaran tersebut akan merambat di sepanjang tali dan membentuk gelombang tali. 

Gelombang pegas

Pegas dapat meregang dan merapat ketika diberikan beban. Satu kali rapatan dan regangan pegas merupakan satu gelombang longitudinal. 

Baca juga: Perbedaan Gelombang Transversal dan Gelombang Longitudinal

Gelombang pegas termasuk ke dalam gelombang mekanik. Karena, energinya merambat dalam benda padat berupa pegas itu sendiri. 

Gelombang seismik

Salah satu contoh gelombang mekanik yang ada dalam kehidupan sehari-hari adalah gelombang seismik.

Dilansir dari USGS Earthquake Hazard Program, gelombang seismik adalag gelombang elastis yang dihasilkan oleh imlus seperti gempa bumu atau ledakan. 

Sebagai gelombang mekanik, gelombang seismik merambat pada perubahan padat dan cair bumi. Rambatan gelombang seismit dapat berupa gelombang transversal ataupun longitudinal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com