Kompas.com - 25/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Debat merupakan suatu kegiatan adu argumentasi antara dua belah pihak atau bisa lebih. Dilakukan secara perorangan maupun kelompok. 

Dalam debat, seseorang berpendapat dengan argumen yang kuat. Selain tukar-menukar pendapat, kegiatan debat juga mempertahankan pendapat dan pihak lain mencoba menjatuhkan pendapat tersebut. 

Dikutip dari buku Pembelajaran Debat (2020) oleh Muhammad Zein Iqbal, debat adalah suatu proses komunikasi yang dilakukan secara lisan, dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan gagasan atau pendapat. 

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, debat diartikan sebagai pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. 

Baca juga: 7 Unsur Debat Beserta Penjelasannya

Tujuan dari pelaksanaan debat adalah untuk berbicara secara meyakinkan dan juga mendengarkan pendapat-pendapat yang berbeda, dan di akhir debat dapat menghargai perbedaan tersebut.

Sama seperti kegiatan lainnya, debat tentu memiliki beberapa jenis. Berikut beberapa jenis atau model debat, yaitu: 

Debat kompetitif 

Debat kompetitif adalah debat berbentuk perlombaan yang biasa dilakukan di tingkat pendidikan. 

Debat dilakukan sebagai pertandingan dengan aturan yang jelas dan ketat antara dua pihak yang masing-masing mendukung dan menentang sebuah pernyataan. 

Debat kompetitif dilakukan dengan tujuan untuk: 

  • Mengutarakan pendapat secara logis
  • Mengutarakan pendapat secara jelas dan terstruktur
  • Mendengarkan pendapat yang berbeda
  • Menghasilkan keputusan

Disadur dari buku Panduan Debat Bahasa Indonesia (2012) oleh Rachmat Nurcahyo, perlombaan debat kompetitif menggunakan format tertentu. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.