Kompas.com - 25/05/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Debat merupakan aktivitas pembahasan serta pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan memberi bukti atau alasan.

Tujuan debat adalah menyampaikan dan mempertahankan argumen. Sebuah argumen dianggap berkualitas apabila disampaikan berdasarkan fakta, bukti, serta pola pikir yang logis.

Sebutkan unsur-unsur debat

Unsur-unsur debat adalah mosi, tim afirmatif, tim oposisi, tim netral, moderator, penonton, serta notulis.

Berikut penjelasannya:

Mosi debat

Dikutip dari buku Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara (Teori dan Aplikasi) (2021) karangan Linda Eka Pradita dkk, mosi adalah topik berupa pernyataan yang akan menentukan arah dan isi debat.

Mosi mencakup isu, permasalahan, hal, tema, atau topik yang menjadi bahan perdebatan. Umumnya mosi berbentuk satu kalimat utuh, minimal memuat subyek, predikat, dan obyek.

Baca juga: Mosi Debat: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Tim afirmatif

Menurut Lanny Ciciliawaty dalam buku Komunikasi dalam Public Speaking (2021), tim afirmatif adalah tim yang setuju terhadap mosi atau hal yang diperdebatkan.

Dengan kata lain, tim afirmatif merupakan tim yang pro terhadap tema yang sedang dibahas. Tim ini akan menguraikan alasan menyetujui mosi.

Tim oposisi

Unsur-unsur debat yang ketiga ini merupakan kebalikan dari tim afirmatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.