Kompas.com - 19/05/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Ketidaksetaraan atau kesenjangan ekonomi mengacu pada persebaran ukuran ekonomi di antara individu dalam kelompok, kelompok dalam populasi, atau antarnegara. 

Istilah kesenjangan ekonomi juga biasa disebut dengan kesenjangan pendapatan, kesenjangan kekayaan, serta jurang antara kaya dan miskin. 

Kesetaraan ekonomi dunia menjadi perhatian bagi Forum Ekonomi Dunia. Forum Ekonomi Dunia telah mengidentifikasi pertumbuhan ekonomi yang tidak setara dan menyebabkan ancaman bagi stabilitas sosial.

Menurut penelitian Asian Development Bank (ADB), ketidaksetaraan ekonomi berdampak menghambat pengentasan kemiskinan.

ADB mengatakan, 240 juta populasi dapat keluar dari kemiskinan ekstrim dalam 20 tahun terakhir jika pertumbuhan ekonomi tidak disertai ketidaksetaraan.

Bahkan Bank Dunia memadukan tujuannya untuk memberantas kemiskinan dengan cara meningkatkan kebutuhan untuk kemakmuran bersama.

Namun, sampai saat ini upaya berbagai pemerintah negara untuk memberantas kemiskinan dan mengecilkan jarak tingkat ekonomi untuk kaum elit dan masyarakat biasa masih belum berhasil. 

Baca juga: Sistem Ekonomi Pancasila: Pengertian, Prinsip, dan Ciri-cirinya

Fakta ekonomi 99% dan 1%

Di Amerika Serikat fenomena ketidaksetaraan ekonomi memunculkan ungkapan ekonomi 99% untuk 1%. Di mana artinya sebanyak 1 persen orang terkaya di dunia, memiliki kekayaan yang jumlahnya sama dengan total kekayaan 99 persen penduduk dunia. 

Berdasarkan situs oxfam.org, pihaknya menyebutkan bahwa kekayaan 62 orang paling kaya di dunia setara dengan gabungan kekayaan dari setengah orang paling miskin di dunia. 

Dalam laporan tersebut, pihaknya meminta pemerintah negara dan perusahaan untuk memberikan kompensasi kepada karyawan yang asuransi kesehatannya tidak ditanggung dan membayar karyawan sesuai dengan kinerja yang sudah diberikan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.