Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hukum Avogadro: Hukum Teori Kinetik Gas

Kompas.com - 09/05/2022, 11:32 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Dalam mempelajari zat terdapat hukum dasar yang disebut dengan hukum Avogadro. Apa itu hukum Avogadro? Hukum Avogadro adalah hukum teori kinetik gas. Siapa penemu hukum Avogadro dan bagaimana bunyi hukumnya? Berikut adalah penjelasannya!

Hukum Avogadro dikemukakan oleh seorang fisikawan asal Italia yang bernama lengkap Lorenzo Romano Amedo Caro Avogadro atau yang lebih akrab disapa dengan Amedo Avogadro.

Bunyi Hukum Avogadro

Hukum Avogadro dinyatakan pada tahun 1811. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, hukum Avogadro menyatakan hubungan empiris dalam teori gas yang berlaku untuk gas nyata pada tekanan dan suhu yang cukup rendah.

Baca juga: Konsep Mol dan Tetapan Avogadro

Hukum Avogadro berbunyi:

“Semua gas dengan volume yang sama di bawah tekanan dan suhu yang sama, memiliki jumlah partikel atau jumlah molekul yang sama”.  

Misalnya, gas nitrogen dan gas klorin dengan volume 1 liter dan berada pada suhu serta tekanan standar memiliki jumlah molekul dan partikel yang sama.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, menurut hukum Avogadro volume gas berbanding lurus dengan jumlah mol atau jumlah partikel gas ketika suhu dan tekanan dipertahankan (konstan).

Baca juga: Soal UAS kimia: Konsep Mol dan Tetapan Avogadro

Persamaan Hukum Avogadro

Secara matematis, hukum Avogadro dapat dinyatakan dengan:

V = k x n

Dengan,
V: volume gas (m³)
n: jumlah mol gas (mol)
k: konstanta proporsionalitas

Adapun, hubungan dua gas dalam suhu dan tekanan yang sama menurut hukum Avogadro adalah:

Dengan,
V1: volume gas 1 (m³)
V2: volume gas 2 (m³)
n1: jumlah mol gas 1 (mol)
n2: jumlah mol gas 2 (mol)

Baca juga: Teori Kinetik Gas dan Hukumnya

Bilangan Avogadro

Adapun, jumlah partikel gas bergantung pada jumlah mol dan bilangan Avogadro. Dilansir dari Lumen Learning, bilangan Avogadro adalah jumlah partikel elementer (molekul, atom, senyawa) per mol suatu zat.

Bilangan Avogadro merupakan konstanta yang memiliki nilai . Jumlah partikel suatu gas dapat dihitung berdasarkan jumlah mol dan bilangan Avogadronya. Rumus jumlah partikel suatu gas adalah:

X = n x L

Dengan,
X: jumlah partikel gas
n: jumlah mol gas
L: bilangan Avogadro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com