Kompas.com - 07/05/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Sumpah Pemuda merupakan ikrar pemuda-pemudi Indonesia. Dikutip dari buku Makna Sumpah Pemuda (2012) oleh Sri Surdaniyatun, sumpah pemuda berasal dari kata sumpah dan pemuda. 

Sehingga sumpah pemuda diartikan sebagai janji pemuda yang diucapkan saat Kongres Pemuda II di Jakarta tanggal 28 Oktober 1928. 

Pada 1908, rakyat Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk bersatu melawan penjajah. Di berbagai wilayah, pemuda Indonesia mulai membentuk perkumpulan dan menentang penjajah. 

Kemudian pada 1928, rasa kebangsaan Indonesia dan persatuan Indonesia mulai menjadi cermin dari rasa bangga, rasa memiliki cita-cita tinggi untuk Indonesia merdeka. 

Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang telah dijiwai oleh cita-cita perhimpunan Indonesia memiliki prakarsa untuk mengadakan kongres pemuda kedua. 

Di mana sebelumnya, pada kongres pertama di Bandung, PPPI meminta supaya semua organisasi pemuda mengadakan fusi.

Baca juga: Tokoh Kebangkitan Nasional

Sebagai puncak pergerakan nasional 

Mengapa sumpah pemuda dikatakan sebagai salah satu puncak pergerakan nasional? 

Disadur dari jurnal Sumpah Pemuda sebagai Puncak Kesadaran Nasionalisme Indonesia (2008) oleh Supardi, Sumpah Pemuda yang dicetuskan oleh berbagai organisasi dari berbagai daerah tersebut merupakan titik tolak kebangkitan nasional bangsa Indonesia. 

Dengan adanya Sumpah Pemuda tersebut, semua gerakan kedaerahan melebur dan bersepakat untuk mendeklarasikan trilogi Sumpah Pemuda. 

Bahkan menyebutkan tumpah darah/tanah, bangsa, dan bahasa Indonesia. Di mana sumpah tersebut didukung oleh berbagai anak suku bangsa dan golongan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa Sumpah Pemuda menjadi salah satu puncah pergerakan nasional. 

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.