Kompas.com - 09/05/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Awan cirrus atau sirus tergolong awan yang sangat tinggi, berwarna putih, dan terlihat sangat tipis.

Bentuk awan ini sangat sederhana dan penyebarannya pun tak merata. Walau begitu, awan sirus cukup mudah dikenali, terutama ketika cuaca sedang cerah.

Pengertian awan cirrus

Menurut Resyi A. Gani, dkk dalam buku Bumi dan Antariksa (Kajian Konsep, Pengetahuan, dan Fakta) (2021), awan cirrus adalah awan yang berdiri sendiri, terlihat halus dan berserat, menyerupai bulu burung.

Sirus termasuk awan tertinggi. Ketinggiannya bisa mencapai 9 ribu meter di atas permukaan laut, baik dalam kondisi memencil (terpisah) maupun saat bergabung dengan jenis awan lainnya.

Dikutip dari buku Weather (2001) karangan Sue Nicholson, awan cirrus terbentuk di lapisan troposfer dan terbuat dari kristal es.

Susunan kristal es ini biasanya akan membentuk awan sirus yang jauh lebih tebal, disebut cirrus densus, yang mampu menghalau sinar matahari dan bulan, sehingga memunculkan efek hallo.

Baca juga: Mengapa Awan Terlihat Bergerak di Langit?

Ciri-ciri awan cirrus

Dilansir dari situs Met Office: Weather and Climate Change, awan cirrus terbentuk karena naiknya udara kering yang membuat sejumlah kecil uap air di udara mengendap, kemudian berubah menjadi es.

Seluruh bagian awan sirus terbentuk dari kristal es, sehingga berwarna putih dan memiliki bentuk beraneka ragam.

Ciri utama awan cirrus adalah terlihat tipis dan seluruh bagiannya tersusun atas kristal es. Berikut ciri-ciri awan cirrus:

  1. Berbentuk serat dan menyerupai bulu ayam atau burung
  2. Umumnya awan sirus berdiri sendiri
  3. Termasuk awan yang sangat tinggi
  4. Berukuran kecil
  5. Tidak padat dan tidak tebal
  6. Awannya bertekstur halus
  7. Ketika siang, warna awannya terlihat lebih putih dibanding awan lainnya. Namun, ketika matahari terbenam, warnanya mirip langit
  8. Umumnya tidak menyebabkan hujan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.