Kompas.com - 09/05/2022, 09:02 WIB

KOMPAS.com – Evolusi adalah proses perubahan makhluk hidup yang terjadi dalam waktu lama. Ada berbagai teori evolusi yang dikemukakan oleh para ahli, salah satunya teori evolusi Weismann.

Teori evolusi Weismann dikemukakan oleh seorang ahli biologi asal Jerman bernama Agustus Friedrich Leopold Weismann.

Sebelum Wiesmann, Darwin dan Lamarck telah terlebih dahulu mengemukakan teori evolusi. Lamarck beranggapan bahwa perubahan leher jerapah disebabkan oleh jerapah yang terus-menerus mencoba meraih daun yang tinggi.

Sehingga, lehernya memanjang. Pemanjangan leher tersebut kemudian diturunkan ke keturunan jerapah dari generasi ke generasi. Namun, Weismann tidak setuju dengan hal tersebut.

Baca juga: Kelemahan Teori Evolusi Lamarck

Percobaan Weismann

Dilansir dari Social Sci LibreTexts, pada tahun 1892 Weismann merancang sebuah eksperimen untuk menguji secara langsung apakah keturunan makhluk hidup mewarisi karakteristik yang diperolehnya.

Weismann melakukan pengujian pada 901 ekor tikus, memotong ekornya dan membiakannya hingga 21 generasi banyaknya. Weismann menemukan bahwa semua keturunan tikus memiliki ekor yang utuh.

Tidak ada satupun bayi tikus yang memiliki ekor terpotong. Artinya, pewarisan karakteristik fisik seperti yang dikatakan Lamarck tidak benar.

Weismann tidak mendukung teori evolusi Lamarck, namun mendukung teori evolusi karena seleksi alam yang dikemukakakn oleh Darwin.

Baca juga: Persamaan dan Perbedaan Teori Darwin dan Lamarck Tentang Evolusi

Weismann mengemukakan adanya zat khusus dalam makhluk hidup yang sangat penting dan diturunkan dari generasi ke generasi. Weismann menyebut zat khusus tersebut disebut dengan plasma nutfah.

Plasma nutfah bagaimana kromosom, gen, ataupun DNA jika dibicarakan pada zaman modern. Seleksi alam menyebabkan mutasi genetik yang mendorong evolusi agar makhluk hidup dapat bertahan pada perubahan lingkungan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.