Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Manfaat Sumber Daya Alam Hasil Pertanian

Kompas.com - 09/05/2022, 08:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam untuk digunakan atau dimanfaatkan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya ialah hasil pertanian.

Dilansir dari situs Invest Indonesia: Investment Indonesia Institution, sejak dahulu, Indonesia dikenal kaya akan hasil pertaniannya.

Hasil pertanian tersebut ada yang dikonsumsi langsung oleh masyarakat Indonesia, tetapi ada juga yang dikirim ke luar negeri.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), beberapa hasil pertanian di Indonesia, antara lain padi, jagung, ubi kayu, kedelai, kacang tanah, sayuran, ketela, kopi, teh, dan masih banyak lagi.

Contoh pemanfaatan sumber daya alam hasil pertanian

Pemanfaatan sumber daya alam hasil pertanian sangatlah beragam. Ada yang harus diolah terlebih dahulu, tetapi ada pula yang bisa langsung dimanfaatkan.

Baca juga: Komoditas Pertanian Negara Filipina

Tuliskan contoh manfaat sumber daya alam hasil pertanian

Berikut beberapa contoh manfaat sumber daya alam hasil pertanian:

Padi

Bagian biji padi yang sudah dibersihkan, diolah menjadi nasi sebagai sumber makanan pokok. Sementara bagian batang dan daunnya sering digunakan sebagai bahan pakan ternak.

Jagung

Sumber daya alam hasil pertanian ini sering dimanfaatkan sebagai:

  1. Bahan makanan pokok orang Indonesia, selain nasi
  2. Digunakan sebagai bahan pakan ternak
  3. Bulir jagungnya bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi minyak jagung
  4. Diolah menjadi tepung serta bahan baku industri.

Ubi kayu

Dalam situs BPTP Kalimantan Timur - Kementerian Pertanian, dituliskan bahwa ubi kayu beserta jenis ubi lainnya merupakan salah satu sumber karbohidrat.

Ubi kayu bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok. Tak hanya itu, ubi ini juga bisa diolah menjadi makanan lainnya, seperti keripik, kerupuk, roti, dan lain-lain.

Kedelai

Hasil pertanian ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tempe, susu, tahu, serta kecap.

Bagian ampasnya, yakni hasil samping pengolahan tempe, tahu, dan susu, bisa diolah serta dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak.

Baca juga: Contoh Komoditas Pertanian Mulai dari Perkebunan, Peternakan, dan Tanaman Pangan

Kacang tanah

Pemanfaatan kacang tanah ialah sebagai makanan atau bahan pembuatan makanan. Contohnya makanan ringan berbahan dasar kacang atau bumbu makanan.

Adapun bagian kulit kacang tanah sering diolah menjadi bahan dasar obat-obatan tradisional, bahan campuran pembuatan plastik, serta pembuatan pupuk tanaman.

Dari pemaparan di atas, bisa diketahui bahwa ada banyak contoh manfaat sumber daya alam hasil pertanian. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, tetapi juga sebagai bahan baku pembuatan barang atau industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com