Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Iklim Subarktik

Kompas.com - 25/04/2022, 15:43 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Daerah di permukaan bumi memiliki iklim yang beragam, salah satunya adalah daerah beriklim subarktik. Apa yang dimaksud dengan iklim subarktik? Berikut adalah penjelasannya!

Iklim subarktik adalah salah satu jenis iklim tipe C dan D yang diklasifikasikan oleh seorang ahli botani, meteorologi, dan klimatologi asal Jerman bernama Wladimir Koppen.

Daerah utara

Dilansir dari Geosciences Libretexts, iklim subarktik ditemukan di belahan bumi utara tepatnya pada 50° hingga 70° lintang utara.

Artinya, iklim subarktik membentang dari Siberia di Eurasia utara ke Skandinavia Eropa utara. Dan dari Alaska hingga ke Newfoundland di Amerika utara.

Iklim subarktik tidak ditemukan pada belahan bumi selatan. Karena, tidak ada dataran luas pada derajat lintang selatan yang sama.

Baca juga: Pembagian Iklim Menurut Junghuhn, Köppen, Schmidt-Ferguson, dan Oldman

Musim dingin yang panjang

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, iklim subarktik memiliki musim dingin yang panjang dan sangat dingin. Pada musim dingin iklim subarktik memiliki siang hari yang pendek dengan malam yang snagat panjang.

Musin dingin daerah iklim subarktik pada malam hari dapat mencapai suhu yang ekstrem yaitu hingga -20 hingg -50° celcius.

Musim panas yang pendek

Ciri-ciri iklim subarktik selanjutnya adalah musim panas yang pendek. Musim panas iklim subarktik memiliki siang hari yang panjang dan malam yang pendek.

Dilansir dari Lumen Learning, sudut sinar matahari daerah subarktik termasuk rendah namun pada musim dingin matahari bersinar sangat lama.

Baca juga: Pembagian Iklim Benua Australia

Siang hari terpanjang berada pada bulan juni yaitu sekitar 18,8 jam. Artinya, malam hari hanya berlangsung selama 5,2 jam saja. Akibatnya, suhu pada musim panas cenderung hangat berkisar 25° celcius saat siang dan 10° celcius saat malam.

Hal tersebut membuat daerah dengan iklim subarktik memiliki perbedaan suhu antara musim dingin dan musim panas yang ekstrem.

Salah satu kota di Siberia dengan nama Verkhoyansk bahkan mengalami perbedaan suhu sebesar 106° celcius pada musim panas dan musim dinginnya.

Daerah kering dengan curah hujan rendah

Ciri-ciri iklim subarktik selanjutnya adalah memiliki daerah yang kering dengan curah hujan rendah.

Hal tersebut karena daerah subarktik didominasi oleh massa udara kutub yang kering. Sehingga, curah hujan rata-ratanya hanya sekitar 380 mm hingga 500 mm per tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com