Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Adaptasi pada Penguin

Kompas.com - 22/04/2022, 15:59 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comPenguin adalah burung yang tidak bisa terbang. Mereka hidup di Antartika dan daerah sekitarnya yang sangat dingin. Bagaimana cara penguin beradaptasi dengan lingkungannya? Berikut adalah bentuk adaptasi penguin!

Adaptasi morfologi penguin

Penguin melakukan adaptasi morfologi atau struktur tubuh agar dapat bertahan di lingkungan yang dingin.

Lapisan lemak yang tebal

Penguin memiliki tubuh dengan lapisan lemak yang tebal. Lapisan lemak tersebut berfungsi sebagai insulasi yang melindungi penguin dari dingin, sumber produksi panas yang besar, cadangan makanan, dan juga memberikan daya apung ketika penguin menyelam.

Baca juga: Adaptasi: Pengertian Para Ahli, Tujuan, dan Jenisnya

Ekor pendek yang kaku

Dilansir dari BBC, penguin memiliki ekor pendek yang kaku untuk mereka bersandar dan menyeimbangkan tumitnya. Hal tersebut dapat mengurangi kehilangan panas dari kaki penguin ke tanah.

Kaki berselaput

Adaptasi morfologi selanjutnya yang dimiliki oleh penguin adalah kaki berselaput. Walau tidak bisa terbang, kaki berselaput penguin membuatnya menjadi perenang yang andal.

Kaki berselaput penguin dilengkapi dengan cakar yang kuat untuk memudahkan mereka mencengkeram es yang licin.

Kaki penguin gentoo yang berselaput dilengkapi otot dan cakar yang kuatseaworld.org Kaki penguin gentoo yang berselaput dilengkapi otot dan cakar yang kuat

Sirip pendek dan kaku

Selain kaki berselaput, penguin juga memiliki sirip yang pendek dan kaku untuk membantunya berenang.

Baca juga: Adaptasi Perilaku yang Dilakukan oleh Paus

Bulu yang menghalangi udara dan air

Dalam beradaptasi dengan udara yang dingin dan lingkungan yang basah, penguin mengembangkan bulu yang tidak dimiliki oleh burung lain.

Dilansir dari Ask Nature, bulu penguin terdiri dari dua lapis yaitu bagian luar dan dalam yang menginsulasi udara dan air.

Bulu bagian atas memiliki struktur yang tumpang tindih, membuat bulu penguin tahan terhadap air dan juga udara dingin. Batang bulu penguin juga memiliki otot yang dapat digerakkan.

Penguin menarik bulunya ke bagian dalam untuk menambah insulasi ketika berenang. Sehingga, air tidak masuk ke dalam bulunya.

Warna tubuh yang sesuai dengan lingkungan

Penguin memiliki tubuh dengan dua warna, gelap di bagian punggung dan putih di bagian depan. Hal ini membantu penguin beradaptasi ketika berenang di lautan.

Baca juga: Bentuk Adaptasi dari Burung Elang

Dari atas, penguin tidak akan terlalu terlihat karena punggungnya berwarna gelap seperti air laut. Sedangkan dari bawah, penguin juga tidak akan terlalu terlihat karena tubuh bagian depannya putih seperti warna langit yang cerah.

Penguin memiliki dua warna bulu yang kontras untuk kamuflase saat berenangpixabay.com Penguin memiliki dua warna bulu yang kontras untuk kamuflase saat berenang

Adaptasi fisiologi penguin

Memperlambat detak jatung

Penguin melakukan adaptasi fisiologi dengan memperlambat detak jantung ketika menyelam.

Dilansir dari SeaWorld Parks & Entertainment, penguin menurunkan aliran darah dan suhu perifer (tungkai dan kulit) dan tetap mempertahankan suhu normal pada area inti (jantung, vena dalam, dan otot dada).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com