Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Benua Asia

Kompas.com - 18/04/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Benua ini memiliki populasi penduduk yang tinggi, serta kondisi bentang alam yang sangat beragam.

Selain itu, benua ini juga memiliki beberapa keajaiban dunia, seperti Tembok Raksasa di Cina, Taj Mahal di India, Ka'bah di Arab Saudi, serta Candi Borobudur di Indonesia.

Berikut beberapa karakteristik Benua Asia:

Bentang alam yang sangat beragam

Benua Asia merupakan tempat bertemunya dua jalur pegunungan, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik, serta beberapa bagian, seperti pegunungan lipatan muda, plato tua, dataran rendah, lembah sungai, serta gurun. Yang mewakili kondisi alam tersebut adalah Plato Deccan di India serta Dataran Turan di Rusia.

Dilansir dari National Geographic, Benua Asia dibagi menjadi lima wilayah fisik utama, yaitu pegunungan, dataran tinggi, stepa dan gurun, lingkungan air tawar, serta lingkungan air asin.

Hal ini membuat Benua Asia sangat kaya akan berbagai jenis bentang alam. Keberagaman ini juga memunculkan banyaknya flora dan fauna yang tersebar di tiap wilayah di Asia.

Baca juga: Karakteristik Benua Eropa

Benua terluas di dunia

Menurut Mulyadi dalam buku Benua dan Samudra (2019), Benua Asia adalah benua terluas di dunia. Luas benua ini bahkan mencapai seperempat wilayah daratan dunia.

Diperkirakan luasnya mencapai 44,58 juta kilometer persegi. Benua Asia dibagi menjadi enam wilayah, yaitu Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Utara, Asia Tenggara, dan Asia Selatan.

Populasi penduduknya tinggi

Pada 2018, jumlah penduduk Benua Asia mencapai 4.561 miliar. Beberapa negara di Asia yang memiliki populasi penduduk tinggi adalah Cina, India, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, serta Jepang.

Tempat lahir dan berkembangnya berbagai agama

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, Benua Asia merupakan tempat kelahiran semua agama besar di dunia, yakni Buddha, Kristen, Hindu, Islam, dan Yudaisme (agama Yahudi).

Memiliki dataran tinggi dan gunung tertinggi di dunia

Benua Asia juga memiliki dataran tinggi serta gunung tertinggi di dunia, yakni Gunung Everest di Himalaya, serta Dataran Tinggi Tibet.

Selain kedua hal tersebut, Benua Asia juga memiliki laut terluas di dunia, yakni Laut Cina Selatan.

Baca juga: Karakteristik Benua Australia

Karakteristik Benua Asia lainnya adalah:

  1. Menjadi benua penghasil minyak bumi terbesar di dunia, terletak di Arab Saudi
  2. Memiliki gurun pasir yang luas
  3. Merupakan benua yang sering mengalami gempa bumi
  4. Memiliki banyak keajaiban dunia yang tersebar di beberapa negaranya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com