Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benua: Definisi, Jenis, dan Proses Terbentuknya

Kompas.com - 13/07/2021, 13:51 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada tujuh jenis benua di dunia, yakni Benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Australia, dan Antartika.

Ketujuh benua tersebut terbentuk lewat proses alami selama berjuta-juta tahun, dan hingga saat ini seluruh benua tersebut dihuni oleh jutaan penduduk.

Definisi benua

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian benua yaitu sebagai bagian bumi yang berupa tanah atau daratan yang sangat luas, sehingga bagian tengah benua tersebut tidak terkena pengaruh langsung dari angin laut, seperti Eropa, Amerika, Afrika, Australia, serta Asia.

Benua dalam bahasa Inggris disebut continent. Dilansir dari situs Cambridge Dictionary, continent (benua) merupakan salah satu dari ketujuh daratan besar yang ada di atas permukaan bumi, dan sebagian besarnya dikelilingi laut, serta terdiri atas berbagai negara.

Proses terbentuknya benua

Para ahli menjelaskan jika dulunya hanya ada satu benua dan satu lautan luas, yaitu Benua Pangea dan Panthalessa.

Baca juga: Karakteristik Benua Eropa

Sekitar 200 juta tahun yang lalu, benua ini pecah menjadi dua benua besar, yakni Laurasia di bagian utara, serta Gondwana di sebelah selatan.

Bagian barat Benua Laurasia bergerak ke arah utara menjauhi Benua Gondwana, yang akhirnya membentuk Benua Amerika Utara. Setelah itu, bagian selatan Benua Gondwana terpecah menjadi beberapa benua.

Bagian barat Benua Gondwana bergerak ke arah barat, hingga membentuk Benua Amerika Selatan. Sedangkan pecahan Benua Gondwana lainnya yang bergerak ke arah timur, membentuk Benua Afrika. Pergerakan kecil dari Benua Gondwana sebelah timur membentuk wilayah India.

Selanjutnya, untuk Benua Asia dan Eropa, keduanya terbentuk dari bagian Eurasia. Sedangkan Benua Antartika terbentuk dari pecahan benua yang mengapung ke arah Selatan, dan Benua Australia terbentuk dari pecahan benua yang bergerak ke arah timur.

Jenis benua

Seperti yang telah disebutkan di atas, dunia memiliki tujuh benua, yakni Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Australia, serta Antartika. Berikut penjelasannya:

  • Benua Asia

Menurut Mulyadi dalam buku Benua dan Samudra (2019), Asia menjadi benua paling luas di dunia. Luasnya diperkirakan 43.998.920 kilometer persegi. Selain menjadi benua terluas, Asia juga dikenal sebagai benua dengan populasi terbanyak di dunia.

Baca juga: Potensi Sumber Daya Alam Benua Eropa

Benua Asia dikelilingi samudra luas di sebelah utara, timur, dan selatan. Sedangkan pada bagian baratnya, Asia dibatasi oleh Eropa, Laut Merah, Laut Tengah, serta Terusan Suez.

Benua ini dibagi menjadi enam kawasan, yakni Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Utara.

Asia memiliki lima pembagian iklim, yakni:

  1. Iklim tropis yang ada di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara.
  2. Iklim subtropis yang ada di wilyah Asia Timur.
  3. Iklim continental kutub yang ada di wilayah Siberia.
  4. Iklim continental kering yang ada di wilayah Gurun Gobi.
  5. Iklim gurun yang ada di wilayah Asia Barat.
  • Benua Afrika

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara, Samudra Hindia di bagian selatan dan timur, serta Samudra Atlantik di bagian barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com