Kompas.com - 12/07/2021, 14:28 WIB
Ilustrasi perkembangan orang dewasa freepik.com/pch.vectorIlustrasi perkembangan orang dewasa

KOMPAS.com – Anak-anak dan remaja mengalami pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik maupun psikis untuk menjadi dewasa.

Namun ketika dewasa, perkembangan itu tidak pernah berhenti. Manusia bersifat dinamis, mereka berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, masa dewasa adalah periode dalam kehidupan manusia di mana kematangan fisik dan intelektual penuh telah dicapai.

Masa dewasa pada manusia terjadi sekitar umur 20 hingga 40 tahun. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi sekaligus penghambat perkembangan orang dewasa:

 

  • Fisiologis

Dilansir dari Medical News Today, fisiologi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana organ dan sistem tubuh bekerja, bagaimana mereka berkomunikasi, dan bagaimana mereka menggabungkan upaya untuk membuat kondisi yang menguntungkan bagi kelangsungan hidup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faktor fisiologi memengaruhi kekuatan dan ketahanan fisik seseorang, sehingga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi perkembangan oragng dewasa.

Baca juga: Cara Menyikapi Remaja Pubertas

Orang dengan dengan fisiologis yang baik, sehat secara fisik sehingga memiliki kemampuan motorik yang baik dan dapat melakukan tugas-tugas perkembangannya dengan baik pula.

Faktor fisiologis yang dapat menghambat pertumbuhan orang dewasa adalah penyakit yang menyebabkan kemampuan motorik tubuh berkurang. Kemampuan motorik yang kurang dapat menghambat penyelesaian tugas perkembangan seseorang.

  • Kognitif

Istilah kognitif berasal dari bahasa Latin “cognoscere” yang berarti mengenal. Dilansir dari Cambridge Cognition, kognitif adalah kemampuan untuk memahami dan bereaksi, memproses dan memahami, menyimpan dan mengambil informasi, membuat keputusan dan menghasilkan tanggapan yang cepat.

Faktor kognisi seseorang ditentukan oleh kondisi otak dan sel saraf di dalamnya atau tingkat intejelensi seseorang.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.