Kompas.com - 13/07/2021, 12:00 WIB
Potensimeter, alat yang digunakan untuk mengukur massa elektron. freepik.com/alexander822Potensimeter, alat yang digunakan untuk mengukur massa elektron.

KOMPAS.com – Saat menggunakan radio, ada tombol yang bisa diputar untuk mengatur frekuensi saluran radio tertentu yang akan ditangkap.

Tombol tersebut berfungsi memberikan resistansi atau hambatan yang berbeda pada rangkaian listrik sehingga radio dapat menangkap frekuensi yang berbeda pula.

Tombol tersebut terbuat dari suatu komponen elektronika bernama potensiometer. Potensiometer yaitu suatu resistor variabel.

Dilansir dari Electrical 4 U, potensiometer atau pot didefinisikan sebagai tiga terminal variabel resistor di mana resistansi manual bervasiasi untuk mengontrol aliran arus listrik. Potensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa elektron.

Potensiometer terdiri dari tiga buah terminal dan sebuah tuas yang dapat diputar untuk mengatur besar resistensi.

Baca juga: Partikel-Partikel Penyusun Atom: Proton, Elektron, Neutron

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga potensiometer berfungsi untuk mengatur resistensi, tegangan, dan juga arus litrik yang mengalir dalam suatu rangkaian listrik.

Cara kerja potensiometer

Potensiometereltra-trade.com Potensiometer

Rangkaian listrik dalam potensiometerelectricalshouters.com Rangkaian listrik dalam potensiometer

Resistor bekerja sebagai komponen pasif dalam rangkaian elektronika. Dilansir dari Circuit Globe, konstruksi potensiometer dikategorikan menjadi bagian geser yag disebut wiper dan bagian non geser.

Kedua ujung terminal paling pinggir dihubungkan dengan kedua ujung elemen resistif sehingga resistansinya seragam, ini adalah bagian non-geser dari potensiometer. Dilansir dari Electrical Shouters, seluruh tegangan input diterapkan di seluruh panjang resistor dalam potensiometer.

Adapun terminal di tengah dihubungkan pada wiper atau kenop yang dapat digeser maupun diputar untuk mengubah level resistansinya, konstruksi ini adalah bagian geser dalam potensiometer.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.